Thursday 19th of September 2024
×

Gencarnya Pemekaran Wilayah, Bupati Banggai Juga Mau Usulkan Kabupaten Baru! Mana Saja yang Keangkut?

Gencarnya Pemekaran Wilayah, Bupati Banggai Juga Mau Usulkan Kabupaten Baru! Mana Saja yang Keangkut?

--

Meskipun demikian, Bupati Amirudin tetap optimistis bahwa suatu saat nanti akan ada pemekaran DOB setingkat provinsi yang terpisah dari Sulawesi Tengah.

“Kita tetap berharap bahwa daerah Banggai Bersaudara (Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut) menjadi suatu provinsi,” kata Bupati.


“Jadi, saya kasih solusi, salah satunya adalah kita masih membutuhkan satu atau dua kabupaten. Kalau Touna masuk ke kita, berarti kita hanya membutuhkan satu kabupaten, tetapi kalau tidak, berarti ada dua kabupaten,” tambahnya.

Baca juga: Provinsi Cirebon Kini Dianggap Sudah Layak Lakukan Pemekaran Wilayah, Dapatkah Harapan Tersebut Segera Terwujud?

Baca juga: Pemekaran Wilayah Bukan Wacana, Inilah Daftar Daerah yang Akan Mekar di Kabupaten Banten!

Baca juga: Gempar Recana Pemekaran, Inilah Daftar Wilayah yang Masuk Provinsi Sumatera Tengah! Masih Dilakukan Peninjauan

Dengan dasar keyakinan tersebut, Bupati Amirudin mengusulkan opsi terbaik, yaitu melakukan pemekaran dengan membentuk kabupaten baru di wilayah Banggai. Ia juga menyebutkan tiga calon kabupaten baru yang mungkin diwujudkan.

“Usulan yang paling baik adalah segera kita mekarkan kabupaten baru yang ada di Kabupaten Banggai. Apakah itu menjadi Kabupaten Batui Toili, atau Kabupaten Bunta, atau Kabupaten Tompotika Raya. Jadi, mau tidak mau, kalau kita punya keinginan, segera kita laksanakan,” ujar Bupati.

Sementara itu, di tingkat kecamatan, Pemerintah Kabupaten Banggai akan segera mengesahkan kecamatan baru, yaitu Kecamatan Toili Jaya, yang pusat pemerintahannya akan berlokasi di Desa Tolisu.

Sumber:

UPDATE TERBARU