Thursday 19th of September 2024
×

Sejarah dan Asal Usul Nama Sibolga, Penuh dengan Pesona Keindahan Alam Bahari Kota Sumut!

Sejarah dan Asal Usul Nama Sibolga, Penuh dengan Pesona Keindahan Alam Bahari Kota Sumut!

--

OTONITY.com -   Dalam artikel ini kami akan menyajikan secara singkat sejarah dan asal mula Kota Sibolga yang kaya dengan sejuta pesona keindahan alam baharinya.

Kota Sibolga, terletak di pesisir barat Sumatera Utara, Indonesia, adalah sebuah kota yang sarat dengan sejarah dan keindahan alamnya. Kita akan menjelajahi jejak perjalanan Kota Sibolga dari awal berdirinya hingga menjadi kota yang kita kenal saat ini.


Baca juga: Pengen Berwisata Sekaligus Belajar Sejarah? Petirtaan Ngawonggo di Jawa Timur Ini Cocok Untuk Kamu Kunjungi, Pas Buat Healing!

Baca juga: Asal Usul Kabupaten Lebong, Dijuluki Sebagai Kota Tua di Bengkulu! Ternyata Berawal Dari Suku Rejang

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan yang Jadi Target Pemekaran, Pemandangannya Gak Ada Duanya

SEJARAH SINGKAT KOTA SIBOLGA

Kota Sibolga dahulunya merupakan Bandar kecil di Teluk Tapian Nauli dan terletak di Poncan Ketek. Pulau kecil ini letaknya tidak jauh dari kota Sibolga yang sekarang ini. Diperkirakan Bandar tersebut berdiri sekitar abad delapan belas dan sebagai penguasa adalah “Datuk Bandar”.

Kemudian pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, pada abad sembilan belas didirikan Bandar Baru yaitu Kota Sibolga yang sekarang, karena Bandar di Pulau Poncan Ketek dianggap tidak akan dapat berkembang.

Disamping pulaunya terlalu kecil juga tidak memungkinkan menjadi Kota Pelabuhan yang fungsinya bukan saja sebagai tempat bongkar muat barang tetapi juga akan berkembang sebagai Kota Perdagangan.

Akhirnya Bandar Pulau Poncan Ketek mati bahkan bekas-bekasnya pun tidak terlihat saat ini. Sebaliknya Bandar Baru yaitu Kota Sibolga yang sekarang berkembang pesat menjadi Kota Pelabuhan dan Perdagangan.

Sumber:

UPDATE TERBARU