Thursday 19th of September 2024
×

Sejarah dan Asal Usul Nama Sibolga, Penuh dengan Pesona Keindahan Alam Bahari Kota Sumut!

Sejarah dan Asal Usul Nama Sibolga, Penuh dengan Pesona Keindahan Alam Bahari Kota Sumut!

--

Berbeda dengan sebelumnya, pada zaman revolusi fisik, Sibolga menjadi wilayah tempat kedudukan Gubernur Militer Wilayah Tapanuli dan Sumatera Timur Bagian Selatan. Kedudukan wilayah tersebut berlanjut hingga dikeluarkannya surat keputusan Gubernur yang menjadikan wilayah itu Daerah Otonom Tingkat "D".

Kemudian dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1956 Sibolga ditetapkan menjadi Daerah Swatantra Tingkat II dengan nama Kotapraja Sibolga yang dipimpin oleh seorang Walikota dan daerah wilayahnya sama dengan Surat Keputusan Residen Tapanuli Nomor: 999 tanggal 19 November 1946.


Baca juga: Surga Tersembunyi Peninggalan Belanda, Wisata di Pringsewu Lampung Jadi Primadona!

Baca juga: Pesona Wisata Pulau Merak Kecil, Spot Healing Paling Ciamik di Banten: Lokasi, HTM, Jam Buka-Tutup, Rute

Baca juga: Asal-Usul Terasering Panyaweuyan Majalengka Spot Wisata Viral yang Ternyata Dulunya Tempat Menjaring Burung di Tahun 80-an

Beralih pada Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun 1979 tentang pola dasar Pembangunan Daerah Sumatera Utara, Sibolga ditetapkan Pusat Pembangunan Wilayah I Pantai Barat Sumatera Utara.

Pada perkembangan yang terakhir, dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Daerah Nomor: 4 Tahun 2001, tentang Pembentukan Organisasi Kantor Kecamatan, Sibolga dibagi menjadi 4 (empat) Kecamatan, yaitu: Kecamatan Sibolga Utara, Kecamatan Sibolga Kota, Kecamatan Sibolga Selatan, dan Kecamatan Sibolga Sambas.

Sekian dulu informasi mengenai Sejarah dan Asal Usul Nama Sibolga yang sudah kami sampaikan disini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU