Friday 18th of October 2024
×

Wacana Pemekaran Jawa Tengah Kini Ramai Dibahas dan Jadi Topik Hangat, Isu nya Bakalan Pecah Jadi 3 Provinsi Baru!

Wacana Pemekaran Jawa Tengah Kini Ramai Dibahas dan Jadi Topik Hangat, Isu nya Bakalan Pecah Jadi 3 Provinsi Baru!

--

OTONITY.com - Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa dimana Kota Semarang merupakan ibu kota provinsi ini.

Posisi ini membuat Jawa Tengah berada di lokasi strategis secara geografi dan geologi. Jawa Tengah diapit oleh tiga provinsi, laut, dan samudera. Secara geografis,  Provinsi Jawa Tengah terletak di  antara 6° dan 8° Lintang Selatan dan antara 108° dan 111° Bujur Timur.


Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa. Luas wilayahnya 32.544,02 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten terluas yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan luas 2.138,51 km2, sedangkan Kota Magelang merupakan daerah terkecil dengan luas 18,12 km2. 

Baca juga: Daftar Wilayah Kabupaten di Cirebon Ini Didukung Untuk Segera Lakukan Pemekaran, Manakah yang Bakal Terpilih?

Baca juga: Provinsi Cirebon Kini Dianggap Sudah Layak Lakukan Pemekaran Wilayah, Dapatkah Harapan Tersebut Segera Terwujud?

Baca juga: Pemekaran Wilayah Bukan Wacana, Inilah Daftar Daerah yang Akan Mekar di Kabupaten Banten!

Isu pemekaran Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sendiri jadi topik panas hingga kini meskipun pemerintah masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB).

Melansir dari berbagai sumber, Provinsi Jawa Tenngah diusulkan menjadi 3 provinsi baru. Ketiga provinsi baru itu antara lain Provinsi Banyumasan, Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara, dan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.

Tak hanya itu, kabarnya pemekaran sembilan provinsi baru di Pulau Jawa, mulai dari Tangerang Raya hingga Blambangan juga telah direncanakan. Akan tetapi hingga artikel ini ditulis, tidak ada update terbaru dari pihak terkait.

Harapan dari penyelenggaraan dan pembangunan semua aspek tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat yang sejahtera akan menciptakan masyarakat yang mandiri dan pada gilirannya akan menciptakan daerah yang mandiri serta tidak tergantung terhadap daerah induk pemekaran, propinsi dan negara.

Sumber:

UPDATE TERBARU