Sunday 8th of September 2024
×

Profil dan Biodata Fermin Aldeguer, Pembalap 18 Tahun yang Bakal Gantikan Posisi Marc Marquez Wakili Honda di MotoGP 2024

Profil dan Biodata Fermin Aldeguer, Pembalap 18 Tahun yang Bakal Gantikan Posisi Marc Marquez Wakili Honda di MotoGP 2024

--

Profil dan Biodata Fermin Aldeguer

Aldeguer dapat kontrak semusim penuh dari Speed Up pada 2022. Meski baru 3 seri nyatanya Aldeguer langsung bikin heboh seantero paddock karena sukses tercepat di sesi FP1, FP2, dan menyabet pole di Seri Argentina. 

Dengan rekam jejaknya yang brilian, Aldeguer dipepet Honda dan Aprilia untuk dinaikkan ke MotoGP pada 2024. Tapi, manajer pribadi Aldeguer yang juga eks rider Grand Prix, Hector Faubel, menyatakan kliennya menolak karena ingin fokus belajar dan menggali lebih banyak pengalaman di Moto2.


Kini Aldeguer kembali dikabarkan bakal naik ke MotoGP pada 2024. Lewat X pada Kamis (2/11/2023), pengamat MotoGP yang juga eks Manajer Team Team Calvo Moto3, Ricard Jove, menyatakan Aldeguer telah dapat tawaran dari Repsol Honda untuk menggantikan Marquez.

Kontrak yang ditawarkan Honda kepada Aldeguer kabarnya berdurasi dua tahun, yakni untuk 2024 dan 2025, dengan opsi lanjutan untuk 2026. Jove juga menyatakan Aldeguer tampaknya lebih berniat bertahan di Moto2. Namun, perlu diingat bahwa kans naik ke MotoGP harus dipertimbangkan serius.

Baca juga: Mesin Yamaha Payah, Fabio Quartararo Tak Fokus di Paruh Kedua Balapan! Bagaimana Nasibnya di MotoGP 2024?

Baca juga: Tampil Trendi Harga Murah! Inilah Rekomendasi Motor Listrik Mirip Vespa, Cocok untuk Touring Terdekat

Baca juga: Rekomendasi Motor Listrik Keren Mirip dengan Vespa, Harga Terjangkau Mulai Rp 9 Jutaan!

"Hari ini saya dapat konfirmasi soal informasi ini, dan kini kita bisa berasumsi Fermin Aldeguer dapat tawaran nyata dari HRC untuk menemani Joan Mir pada 2024/2025. Saya tahu prioritasnya adalah Moto2, langkah yang saya dukung, tetapi seperti biasanya, kans semacam ini jarang datang. Dia harus ambil keputusan," tulis Jove.

Tapi, untuk mendapatkan kursi Honda, Aldeguer harus bersaing dengan dua rider MotoGP, yakni Fabio di Giannantonio, yang saat ini masih jadi kandidat terkuat, begitu juga adik Valentino Rossi, Luca Marini.

Berikut statistik prestasi Fermin Aldeguer, yang musim ini sudah meraih 2 pole dan 4 podium, termasuk 2 kemenangan.

Jadwal Lengkap MotoGP 2023: 20 Seri, 40 Balapan

Klasemen Sementara Moto2 2023 Usai Seri Thailand di Buriram

3 dari 3 halaman

Statistik Prestasi Fermin Aldeguer

Pembalap Speed Up Racing, Fermin Aldeguer (c) AP Photo/Kittinun Rodsupan

2018: European Talent Cup - Peringkat 10

2019: European Talent Cup - Peringkat 3

2020: CEV Stock 600 - Juara

2021: CEV Moto2 - Juara

2021: MotoE - Peringkat 9

2021: Moto2 - Peringkat 25 (hanya ikut 8 seri)

2022: Moto2 - Peringkat 15

2023: Moto2 - Peringkat 6 (sampai Seri Thailand)

satu nama lagi sebagai calon pembalap Repsol Honda Team pengganti Marc Marquez tahun depan, nama itu adalah Fermin Aldeguer. Pemenang race seri Thailand, asal Spanyol yang saat ini membalap bersama Boscoscuro (Speed-Up) yang lahir pada tanggal 5 April 2005 atau artinya akan berusia 19 tahun di musim 2024 nanti.

Juara Eropa CEV Moto2 tahun 2021 ini, masuk dalam orbit radar HRC menurut Richard. “Hari ini saya telah mengonfirmasi informasi ini dan kini kita dapat berasumsi bahwa Fermin Aldeguer mendapat tawaran pasti dari HRC untuk mendampingi Joan Mir pada musim 2024/25. . .” Yang menarik adalah bukan pihak Aldeguer yang mendatangi Honda, melainkan HRC sendiri yang proaktif jemput bola mendatangi Aldeguer dan melihat kans pembalap yang sementara jelang Grand Prix Malaysia berada di posisi 6 untuk bisa membalap dengan mereka tahun depan.

Yang jadi pertanyaan adalah, jika Memang HRC ingin mencari solusi pembalap muda dari Moto2. Kenapa solusinya nggak mengubah strategi Ai Ogura yang tahun depan kabarnya akan ‘disekolahkan’ oleh Honda di team baru Moto2 MT Helmet MSI menjadi langsung membalap dengan mereka di LCR Honda sementara Takaaki Nakagami yang naik ke Repsol Honda, misalnya?

Padahal seperti kita ketahui juga bahwa di Thailand, kemarin Honda dan perwakilan dari Fabio Digiannantonio telah bertemu dan ujung-ujungnya Diggia sempat memberikan clue bahwa ‘something nice ‘ akan ia umumkan di Sepang nanti. Kalau memang keputusan Honda ke Aldeguer yang ber-KTP Span

 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU