Sunday 8th of September 2024
×

Isu Soal Pemekaran Kabupaten Kota Di Riau Kini Ramai Mencuat, Rencana Bakal Mekarkan Berapa Wilayah?

Isu Soal Pemekaran Kabupaten Kota Di Riau Kini Ramai Mencuat, Rencana Bakal Mekarkan Berapa Wilayah?

--

OTONITY.com - Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatra, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Ibu kota dan kota terbesar Riau adalah Pekanbaru. Kota besar lainnya antara lain Dumai, Selat panjang, Bagansiapiapi, Bengkalis, Bangkinang, Tembilahan, dan Rengat. Posisi Geografis Provinsi Riau adalah antara 01°31 – 02°25 Lintang Selatan atau antara 100° – 105° Bujur Timur

Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber daya alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Provinsi Riau yang memiliki luas wilayah sebesar 87.023,66km2.


Baca juga: Bukan Hanya Sekali, M Fahrezy Punya Tempat Khusus Lecehkan Korban? Hingga Ancaman Penyebaran Foto Telanjang

Baca juga: Viral! Celloszxz Botak Menang di Byon Combat Volume 2, Lawan Erlangga Sudah Kini Siap Tantang Jefri Nichole?

Baca juga: Inilah Profil M Fahrezy Anggota BEM UNY Lakukan Pelecehan Seksual, Pihak Kampus Siap Kawal Kasus!

Perekonomian di Provinsi Riau diyakini bakal tumbuh lebih cepat dan semakin meningkat, apabila permintaan pemekaran daerah kabupaten dan kota yang diajukan masyarakat dapat diakomodir oleh pemerintah pusat. Pemprov Riau juga mendukung usulan tersebut. Ekonom Universitas Riau Edyanus Herman Halim mengatakan adanya permintaan masyarakat untuk pemekaran daerah, tentu dengan berbagai pertimbangan salah satunya pemerataan ekonomi dan peningkatan pelayananan.

Ada 5 kabupaten kota yang diajukan oleh Tim Inisiator Pemekaran Daerah Provinsi Riau, yaitu Kota Baganbatu, Kota Duri, Kabupaten Rokan Darussalam, Kabupaten Kampar Kiri, dan Kabupaten Indragiri Selatan.

Sumber:

UPDATE TERBARU