Tuesday 17th of September 2024
×

Isu Soal Pemekaran Kabupaten Kota Di Riau Kini Ramai Mencuat, Rencana Bakal Mekarkan Berapa Wilayah?

Isu Soal Pemekaran Kabupaten Kota Di Riau Kini Ramai Mencuat, Rencana Bakal Mekarkan Berapa Wilayah?

--

Tak hanya itu, kabarnya pemekaran sembilan provinsi baru di Pulau Jawa, mulai dari Tangerang Raya hingga Blambangan juga telah direncanakan. Akan tetapi hingga artikel ini ditulis, tidak ada update terbaru dari pihak terkait.

Harapan dari penyelenggaraan dan pembangunan semua aspek tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat yang sejahtera akan menciptakan masyarakat yang mandiri dan pada gilirannya akan menciptakan daerah yang mandiri serta tidak tergantung terhadap daerah induk pemekaran, propinsi dan negara.


Baca juga: Lampu Hijau! Rencana Pemekaran Kabupaten Banyusin Timur Dapat Dukungan dari Bupati H Askolani

Baca juga: Sudah Diresmikan, Pemekaran Wilayah Nagari Salido Saroha Ujung Gading Ditandatangani Bupati! Siap Wujudkan DOB yang Maju

Baca juga: Pemekaran Jawa Tengah Bakal Dipecah Jadi 3 Provinsi Baru, Apa Sudah Dapat Lampu Hijau Dari Pemerintah? Begini Nasibnya Sekarang

Namun pemekaran daerah saat ini sulit dibedakan antara benar-benar suatu kebutuhan atau hanya kepentingan para elite politik baik daerah maupun pusat. Melalui pemekaran daerah terdapat peluang bagi calon Kepala Daerah, anggota DPRD dan jajaran unit eselon satu di daerah otonom baru (DOB). 

Dari sisi ekonomi, daerah otonomi baru nantinya akan mendapatkan penyaluran anggaran dari APBN berupa dana alokasi umum dan dana alokasi khusus, serta bagian dana perimbangan yang setiap tahun disalurkan kepada kabupaten kota daerah penghasil sumber daya alam.

Sumber:

UPDATE TERBARU