Tuesday 17th of September 2024
×

Fakta Unik Semangka yang Jadi Bahan Makanan Favorit di Gaza Hingga Simbolisme Bendera Palestina

Fakta Unik Semangka yang Jadi Bahan Makanan Favorit di Gaza Hingga Simbolisme Bendera Palestina

--

Fakta Unik Semangka

1. Semangka Jadi Bahan Makanan Favorit di Gaza

Semangka adalah bahan makanan bagi warga di jalur Gaza. Semangka telah tumbuh berabad-abad di Timur Tengah. Maka itu banyak makanan khas di negara-negara Timur Tengah yang menggunakan semangka sebagai salah satu bahan.


Di Palestina kerap menyajikan salad semangka. Warga setempat kerap membuat isian roti pipih dari cacahan semangka, tomat, terong, dan paprika. Hidangan ini disebut fatet al ajer atau qursa.

2. Simbolisme Bendera Palestina

Walau kini pengibaran bendera Palestina sudah tidak dilarang lagi oleh Israel, tapi semangka sudah menjadi bagian dari aksi-aksi dukungan warga di berbagai belahan dunia sebagai seruan solidaritas mereka terhadap negara tersebut.

Sudah ada banyak dukungan yang digaungkan masyarakat dunia untuk Palestina. Salah satu caranya yakni dengan memasang dan membuat gambar irisan semangka sebagai simbol Palestina.

Irisan semangka yang identik dengan warna merah, hitam, putih, dan hijau merupakan warna bendera Palestina. Gambar semangka ini menjadi lambang perlawanan bagi masyarakat Palestina.

3. Jadi Karya Seni

Pada tahun 2007, seorang seniman Palestina bernama Khaled Hourani memperkenalkan karya seninya 'Semangka' sebagai kontribusi pada buku Subjective Atlas of Palestine.

Hal ini kemudian menjadi awal penggunaan semangka sebagai simbol bendera Palestina. Hal ini lantas menginspirasi banyak seniman lain seperti Sarah Hatahet, Sami Boukhari, Aya Mobaydeen, dan Beesan Arafat untuk menciptakan ekspresi artistik dengan menggunakan simbol semangka sebagai sarana untuk mengekspresikan solidaritas terhadap Palestina.

Baca juga: Honda Supra X 125 Rilis Tahun 2024, Bagaimana Nasib Beat dan Scoopy?

Baca juga: Setelan Touring! Honda Supra X Matik Resmi Meluncur Bakal Lebih Irit dari Honda Beat, Cocok Untuk Ojol Nih

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Keffiyeh, Scarf Palestina yang Jadi Simbol Solidaritas dan Perlawanan

4. Suara Konflik Gaza-Israel

Bersamaan dengan peristiwa konflik Gaza-Israel yang dimulai pada 7 Oktober 2023 yang menyebabkan lebih dari 5.000 warga Palestina tewas di Jalur Gaza. Sementara 15.273 orang terluka dan mendapatkan perawatan serba terbatas di rumah sakit. Sementara itu, di Tepi Barat tercatat ada 91 warga Palestina terbunuh dan 1.250 orang terluka.

Dukungan dari dunia terhadap Palestina terkadang dianggap sebagai hal yang sensitif. Tak sedikit postingan gambar bendera atau dukungan terhadap Palestina dicekal oleh sistem sensor online.

"Warga Palestina lantas menemukan cara-cara kreatif seperti menghilangkan tanda baca, mengubah huruf dalam kata-kata, atau mencampurkan pernyataan politik dengan foto pribadi untuk mengatasi dan menghindari sensor otomatis," kata Mona Shtaya, manager advokasi 7amleh, Pusat Arab untuk Kemajuan Media Sosial.

Jadi penggunaan simbol semangka yang menjadi pengganti dari Bendera Palestina, ternyata cukup berhasil untuk menghindari sensor otomatis di media sosial. Sudahkah kamu menggunakan emoji semangka hari ini?

Sumber:

UPDATE TERBARU