Sunday 8th of September 2024
×

Tak Banyak yang Tahu! Fakta Menarik Tribhuana Tunggadewi Ratu Majapahit yang Jadi Cikal Bakal Bersatunya Nusantara

Tak Banyak yang Tahu! Fakta Menarik Tribhuana Tunggadewi Ratu Majapahit yang Jadi Cikal Bakal Bersatunya Nusantara

--

Fakta Menarik Tribhuana Tunggadewi Ratu Majapahit

1. Putri Raden Wijaya

Sebagai putri Raden Wijaya pendiri dan raja pertama Majapahit, Tribhuwana Tunggadewi memiliki bekal kekuasaan dan keberanian. Pada masa pemerintahannya, ia menjalin hubungan yang erat dengan Gajah Mada, seorang tokoh penting dalam pemerintahan Majapahit.


2. Punya Hubungan Erat Dengan Gajah Mada

Gajah Mada mendapatkan kepercayaan penuh dari ratu untuk menempati posisi paling bergengsi di dalam pemerintahan. Sehingga membantu terlaksananya misi besar Tribhuwana Tunggadewi. Misi yang paling terkenal adalah Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Gajah Mada di hadapan Ratu Tribhuwana Tunggadewi.

Baca juga: BAGIAN 1: Dusun Keramat Riak Kisah Legendaris dari Rakyat Bengkulu, Asal Usul Riak Bakau!

Baca juga: BAGIAN 2: Dusun Keramat Riak Kisah Legendaris Rakyat Bengkulu, Kedatangan Saudagar dari China!

Baca juga: Im Siwan Jadi Bocah Polos! Sinopsis Drama Once Upon A Boyhand (2023) Kisah Siswa SMA yang Ingin Bergabung dengan Geng Sekolah

3. Ambisi Satukan Nusantara

Pernyataan Sumpah Palapa itu didampingi oleh Ratu Tribhuwana Tunggadewi, yang dikenal sebagai seorang ratu yang berani dan gigih dalam memimpin Kerajaan Majapahit pada masa lalu. Ratu memulai misi yang ambisius untuk menaklukkan Nusantara, dan sejarah mencatat namanya sebagai salah satu tokoh berpengaruh dalam perjalanan Kerajaan Majapahit.

Tribhuwana Tunggadewi juga dikenal sebagai tokoh yang membangun dasar-dasar politik kenegaraan Majapahit. Pemerintahannya memperluas pengaruh Majapahit hingga ke pelosok Nusantara.

4. Ibu Hayam Wuruk

Namun, pada tahun 1350 Masehi, Tribhuwana Tunggadewi memutuskan untuk melepaskan tahtanya. Keputusan ini diambil setelah sang ibunda, Gayatri, meninggal dunia. Akhirnya Putra mahkota Hayam Wuruk, anak dari pernikahannya dengan pangeran Cakradara, kemudian menjadi penerus tahta Majapahit.

Setelah lengser, Tribhuwana Tunggadewi tetap berperan sebagai salah satu anggota saptaprabu, dewan penasehat raja yang terdiri dari keluarga kerajaan. Bersama dengan Mahapatih Gajah Mada, ia terus memberikan bimbingan kepada Hayam Wuruk, yang kemudian membawa Majapahit mencapai masa kejayaannya.

Demikianlah informasi mengenai Fakta Menarik Tribhuana Tunggadewi Ratu Majapahit yang Jadi Cikal Bakal Bersatunya Nusantara  yang bisa kami rangkum dalam artikel kali ini. Sampaikan pendapatmu melalui kolom komnetar di bawah ini, ya! Jangan lupa untuk mengikuti terus website kami. 

Sumber:

UPDATE TERBARU