Sunday 8th of September 2024
×

Wapres Pastikan Pemekaran Kalteng? Cek 6 Provinsi Baru yang Bakal Terbentuk di Pulau yang Terbagi Untuk 3 Negara Ini

Wapres Pastikan Pemekaran Kalteng? Cek 6 Provinsi Baru yang Bakal Terbentuk di Pulau yang Terbagi Untuk 3 Negara Ini

--

OTONITY.com - Wapres Pastikan Pemekaran Kalteng? Cek 6 Provinsi Baru yang Bakal Terbentuk di Pulau yang Terbagi Untuk 3 Negara Ini! Artikel berikut ini adalah informasi mengenai hal ini yang tidak boleh kamu lewatkan. Ikuti informasi pentingnya di sini!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ratusan pulau dari Sabang hingga merauke. Di antara pulau-pulau tersebut, terdapat beberapa pulau besar, yang mana salah satunya adalah Pulau Kalimantan.


Baca juga: Rencana Pemekaran Provinsi Maluku Miliki Peluang Cukup Besar, Cek 13 Wilayah DOB yang Masuk Usulan

Baca juga: FIX! 15 Daerah yang Masuk Pemekaran Wilayah Subang Utara, Intip Daerahmu Termasuk Atau Tidak!

Baca juga: Banyak Harapan! 6 Wilayah Termasuk Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Sukabumi dan Bogor Jadi Salah Satunya!

Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau besar kedua di Indonesia. Pulau ini juga menempati posisi ketiga sebagai pulau terbesar di Asia Tenggara. Pulau Kalimantan sendiri dibagi menjadi beberapa provisin secara administratif, antara lain yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

Kondisi geografis Pulau Kalimantan berdasarkan peta adalah memiliki luas 743.330 kilometer persegi. Pulau ini terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Indonesia (73%), Malaysia (26%), dan Brunei Darussalam (1%).

Secara astronomis, Pulau Kalimantan terletak di antara 4° 24′ LU – 4° 10′ LS dan 108° 30′ BT – 119° 00′ BT sehingga Pulau Kalimantan dilintasi garis khatulistiwa. Tepat pada tahun 2023 ini, Provinsi Kalimantan di Indonesia akan mengalami perubahan signifikan dengan rencana pemekaran wilayah atau pemekaran daerah. 

Sumber:

UPDATE TERBARU