Tuesday 17th of September 2024
×

Wapres Pastikan Pemekaran Kalteng? Cek 6 Provinsi Baru yang Bakal Terbentuk di Pulau yang Terbagi Untuk 3 Negara Ini

Wapres Pastikan Pemekaran Kalteng? Cek 6 Provinsi Baru yang Bakal Terbentuk di Pulau yang Terbagi Untuk 3 Negara Ini

--

  1. Provinsi Kotawaringin

Wilayah administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau. Ada lagi Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan dan kabupaten Kotawaringin Timur. Ibukota Provinsi Kotawaringin ini akan ditempatkan di Seruyan.

Baca juga: Sudah Lama Pengusulan, Pemekaran Wilayah Tanggamus Kini Bukan Wacana! Daerah Mana yang Terdampak?


Baca juga: Isu Soal Pemekaran Kabupaten Kota Di Riau Kini Ramai Mencuat, Rencana Bakal Mekarkan Berapa Wilayah?

  1. Provinsi Barito Raya

Rencana ibukotanya berada di Muara Teweh Barito Utara. Provinsi Barito Raya administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Murung Raya, kabupaten Barito Utara. Tak hanya itu, ada Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito timur dan kabupaten Barito Kuala.

  1. Provinsi Kalimantan Tenggara

Provinsi Kalimantan Tenggara wilayah pemekaran dari sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan timur. Wilayah administrasi Provinsi Kalimantan Tenggara terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Bagaimana menurutmu soal pemekaran Kalteng ini? Demikianlah informasi mengenai berita yang tengah viral diantara masyarakat tanah air ini. Jadi Pastikan kamu mengikuti otonity.com untuk terus mendapatkan informasi terupdate! 

Sumber:

UPDATE TERBARU