Tuesday 17th of September 2024
×

Punya Teluk Terbesar Di Dunia, Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Siap Dilakukan Buat Ekspansi Potensi Wisata

Punya Teluk Terbesar Di Dunia, Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Siap Dilakukan Buat Ekspansi Potensi Wisata

--

Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Siap Dilakukan Buat Ekspansi Potensi Wisata

Dari perspektif kepentingan pertahanan negara, dan mewadahi aspirasi masyarakat, pemekaran wilayah Kabupaten Parigi Moutong menjadi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Parigi, DOB Kabupaten Tomini Raya dan DOB Kabupaten Moutong, menjadikan rentang kendali pemerintah dengan masyarakat semakin dekat.

Kondisi tersebut, menurut Wartabone, akan mendorong pencepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan terwujudnya kualitas sumber daya manusia di daerah. Hal tersebut merupakan kekuatan mendasar yang harus diwujudkan dalam mendukung kepentingan pertahanan negara. Selain itu, tentunya akan mewujudkan sinergitas kepentingan pertahanan dan kesejahteraan masyarakat.


Apalagi Parigi Moutong memiliki kawasan teluk terluas di dunia, yakni Teluk Tomini. Luas Kabupaten Parigi Moutung mencapai 6.231 km2 dengan panjang garis pantai sejauh 472 kilometer, dengan total penduduk 421.234 jiwa. Selain itu terdapat 23 kecamatan. Maka wajar saja Tomini Raya bisa membentuk DOB baru di Parigi Moutong.

Baca juga: Fakta Unik Sungai Musi yang Terkenal di Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera dan Asia Tenggara!

Baca juga: 5 Fakta Provinsi Kepulauan Flores yang Mekar dari NTT, Mulai Dari Berjuluk Pulau Ular Hingga Punya Tradisi Berburu Paus

Baca juga: Pesona Wisata Pulau Merak Kecil, Spot Healing Paling Ciamik di Banten: Lokasi, HTM, Jam Buka-Tutup, Rute

Muhammad Wartabone menilai pemekaran wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) didasarkan dengan pertimbangan bahwa rentang kendali pemerintah daerah dengan masyarakat akan semakin dekat, pelayanan publik dapat lebih optimal, mendorong meningkatnya kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, dan kualitas SDM di daerah akan terwujud.

Muhammad Wartabone juga menyebut potret Kabupaten Parimo yang merupakan bagian dari wilayah Sulawesi Tengah, memiliki letak yang strategis, tepat di jantung Pulau Sulawesi dan dilintasi jalur Trans Sulawesi serta berada di sebagian besar kawasan Teluk Tomini, yang merupakan teluk terbesar di dunia. Luas Kabupaten Parimo mencapai 6.231 kilometer persegi dengan panjang garis pantai sejauh 472 km, dengan jumlah penduduk 421.234 jiwa.

"Dengan kondisi itu, tentu menghadirkan rentang kendali pemerintah daerah ke masyarakat sedemikian jauh, sehingga pelayanan publik menjadi belum optimal," tuturnya.

Demikianlah informasi mengenai Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong yang bisa kami rangkum dalam artikel kali ini. Sampaikan pendapatmu melalui kolom komnetar di bawah ini, ya! Jangan lupa untuk mengikuti terus website kami. 

Sumber:

UPDATE TERBARU