Tuesday 17th of September 2024
×

Fix Dibagi Jadi 3 Wilayah! Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Bakal Jadi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia

Fix Dibagi Jadi 3 Wilayah! Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Bakal Jadi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia

--

Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Bakal Segera Dirampungkan

Dalam materi tertulisnya, Muhammad Wartabone juga mengurai berdasarkan kajian Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, terhadap rencana pemekaran Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah, dalam perspektif kepentingan pertahanan nasional. Keberadaan Kabupaten Parimo yang memiliki teluk terbesar di dunia secara bersinergi, terintegrasi dan berkesinambungan, perlu mempersiapkan diri sebagai pintu gerbang kawasan Asia Pasifik di era globalisasi.

Hal itu dinilai tidak berlebihan jika dihadapkan pada kepentingan pertahanan negara dengan dimekarkannya Kabupaten Parimo. Skenario yang paling mungkin dihadapi TNI ke depannya, letak geografis Kabupaten Parimo dari arah utara masih dihadapkan pada fenomena yang mengubah dan menjadi ancaman berlarut, diantaranya permasalahan Blok Ambalat yang belum terselesaikan. Hal itu dapat menjadi konflik bersenjata antarnegara. 


Baca juga: Usulkan Pemekaran Kabupaten Brebes Selatan, Inilah 6 Kecamatan yang Siap Menunjang Wilayah DOB!

Baca juga: Inilah Profil 2 Wilayah Kecamatan Muba yang Akan Lakukan Pemekaran Wilayah, Rupanya Masih Butuh Waktu Untuk Terealisasi!

Baca juga: Ada 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten yang Jadi Wacana Pemekaran, Sudah Didepan Mata Atau Masih Terkendala?

Dari perspektif kepentingan pertahanan negara, dan mewadahi aspirasi masyarakat, pemekaran wilayah Kabupaten Parigi Moutong menjadi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Parigi, DOB Kabupaten Tomini Raya dan DOB Kabupaten Moutong, menjadikan rentang kendali pemerintah dengan masyarakat semakin dekat.

Kondisi tersebut, menurut Wartabone, akan mendorong pencepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan terwujudnya kualitas sumber daya manusia di daerah. Hal tersebut merupakan kekuatan mendasar yang harus diwujudkan dalam mendukung kepentingan pertahanan negara. Selain itu, tentunya akan mewujudkan sinergitas kepentingan pertahanan dan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi Parigi Moutong memiliki kawasan teluk terluas di dunia, yakni Teluk Tomini. Luas Kabupaten Parigi Moutung mencapai 6.231 km2 dengan panjang garis pantai sejauh 472 kilometer, dengan total penduduk 421.234 jiwa. Selain itu terdapat 23 kecamatan. Maka wajar saja Tomini Raya bisa membentuk DOB baru di Parigi Moutong.

Semoga informasi mengenai berita terkini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa membantu kamu, ya! Terimakasih sudah membaca! Kami harap informasi ini bisa bermanfaat untukmu!

Sumber:

UPDATE TERBARU