Friday 18th of October 2024
×

Daftar Pemekaran Wilayah Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi, Daerahmu Termasuk Nggak Nih?

Daftar Pemekaran Wilayah Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi, Daerahmu Termasuk Nggak Nih?

--

Daftar Pemekaran Wilayah Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong

Dalam materi tertulisnya, Muhammad Wartabone juga mengurai berdasarkan kajian Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, terhadap rencana pemekaran Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah, dalam perspektif kepentingan pertahanan nasional.

Keberadaan Kabupaten Parimo yang memiliki teluk terbesar di dunia secara bersinergi, terintegrasi dan berkesinambungan, perlu mempersiapkan diri sebagai pintu gerbang kawasan Asia Pasifik di era globalisasi.


Baca juga: Sudah Lama Pengusulan, Pemekaran Wilayah Tanggamus Kini Bukan Wacana! Daerah Mana yang Terdampak?

Baca juga: Masih Pro Kontra! Wacana Pemekaran Provinsi Papua Selatan Disebut Upaya Memajukan Industri Lokal, Emang Iya?

Baca juga: Isu Pemekaran Wilayah! Ini 8 Daerah yang Akan Masuk Provinsi Papua Selatan, Diharapkan Untuk Percepat Pembangunan

Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan jika ditinjau dari perspektif kepentingan pertahanan negara, dan mewadahi aspirasi masyarakat, pemekaran wilayah Kabupaten Parigi Moutong menjadi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Parigi, DOB Kabupaten Tomini Raya dan DOB Kabupaten Moutong, menjadikan rentang kendali pemerintah dengan masyarakat semakin dekat.

Kondisi tersebut, menurut Wartabone, akan mendorong pencepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan terwujudnya kualitas sumber daya manusia di daerah. Hal tersebut merupakan kekuatan mendasar yang harus diwujudkan dalam mendukung kepentingan pertahanan negara. Selain itu, tentunya akan mewujudkan sinergitas kepentingan pertahanan dan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Moutung Provinsi Sulawesi Tengah, pemekaran dari Kabupaten Parigi Moutong termasuk di dalamnya yakni Kecamatan Moutong, Taopa, Bolano Lambunu, Bolano, Ongka Malino, Mepanga.

Demikianlah informasi mengenai daftar pemekaran wilayah pemekaran kabupaten parigi moutong yang bisa kami rangkum dalam artikel kali ini. Sampaikan pendapatmu melalui kolom komnetar di bawah ini, ya! Jangan lupa untuk mengikuti terus website kami. 

Sumber:

UPDATE TERBARU