Sunday 8th of September 2024
×

Wilayah Kotawaringin Lulus ACC Pemekaran Kalteng, Ini Daerah yang Bakal Gabung Bareng Provinsi Baru yang Satu Ini

Wilayah Kotawaringin Lulus ACC Pemekaran Kalteng, Ini Daerah yang Bakal Gabung Bareng Provinsi Baru yang Satu Ini

--

OTONITY.com - Kotawaringin Raya disebut-sebut akan menjadi provinsi baru dengan otonomi daerah tersendiri. Isu pemekaran wilayah ini kembali menyeruak seiring kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin ke Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (24/10). 

Melalui kunjungan kerjanya itu, Ma’ruf sempat menyinggung soal pemekaran wilayah Kalteng, mempertimbangkan saat ini Kalteng merupakan provinsi dengan wilayah terluas.


Kalteng perlu dimekarkan menjadi dua provinsi, yakni Provinsi Kotawaringin Raya yang terdiri dari Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Lamandau, dan Sukamara, dan Provinsi Barito Raya yang terdiri dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya.

Baca juga: Daftar Pemekaran Wilayah Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi, Daerahmu Termasuk Nggak Nih?

Baca juga: Fix Dibagi Jadi 3 Wilayah! Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong Bakal Jadi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia

Baca juga: Rencana Pemekaran Provinsi Maluku Miliki Peluang Cukup Besar, Cek 13 Wilayah DOB yang Masuk Usulan

Hal ini disambut baik oleh sejumlah akademisi. Namun, meski pemekaran dinilai mampu membantu menyelesaikan beberapa masalah, tetapi tidak sepenuhnya bisa menjamin solusi atas masalah-masalah pembangunan.

Gubernur Sugianto Sabran menyampaikan harapannya kepada Wapres Ma'ruf Amin dalam acara Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalteng Periode 2023-2025, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, Selasa, 24 Oktober 2023.

"Pemekaran ini sangat dipentingkan sekali, Pak (Wapres, -red). Menurut saya, Kalteng ini sumber daya alamnya sangat luar biasa. Kalau tidak dikelola dengan baik dan tidak dimekarkan. Kami menginginkan, Papua diberi keleluasaan, kami Kalimantan Tengah juga menginginkan itu, paling tidak dibagi dua," ungkap Gubernur dalam sambutannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU