Tuesday 17th of September 2024
×

Wilayah Kotawaringin Lulus ACC Pemekaran Kalteng, Ini Daerah yang Bakal Gabung Bareng Provinsi Baru yang Satu Ini

Wilayah Kotawaringin Lulus ACC Pemekaran Kalteng, Ini Daerah yang Bakal Gabung Bareng Provinsi Baru yang Satu Ini

--

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ratusan pulau dari Sabang hingga merauke. Di antara pulau-pulau tersebut, terdapat beberapa pulau besar, yang mana salah satunya adalah Pulau Kalimantan.

Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau besar kedua di Indonesia. Pulau ini juga menempati posisi ketiga sebagai pulau terbesar di Asia Tenggara. Pulau Kalimantan sendiri dibagi menjadi beberapa provisin secara administratif, antara lain yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.


Baca juga: Pemekaran Wilayah Kabupaten Bekasi Masih Menunggu Keputusan Besar, Cikarang Digadang Bakal Jadi Kota Madya?

Baca juga: Sudah Lama Pengusulan, Pemekaran Wilayah Tanggamus Kini Bukan Wacana! Daerah Mana yang Terdampak?

Baca juga: Provinsi Lampung Dimekarkan! Wilayah Tanggamus Siap Memisahkan Diri, Demi Wujudkan Kesejahteraan

Wilayah Kotawaringin Lulus ACC Pemekaran Kalteng

Gubernur Sugianto Sabran kemudian menegaskan, pemekaran wilayah itu diperlukan semata-mata untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

"Karena kami ingin melayani masyarakat kami, ingin melayani Kalteng, ingin melayani percepatan pembangunan," tegas Gubernur.

Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini masih sedang moratorium pemekaran daerah otonomi baru, kecuali Papua. Namun, Wapres berjanji jika moratorium dibuka selama beliau masih menjabat, Kalteng akan menjadi prioritas pertama.

"Sekarang ini, apa namanya, masih moratorium, belum dibuka, kecuali Papua. Kalau saya masih menjadi Wakil Presiden, dan saya masih menjadi ketua untuk Daerah otonomi, kalau moratorium nanti dibuka, Kalimantan Tengah yang pertama akan dikembangkan," kata Wapres.

Wilayah administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau. Ada lagi Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan dan kabupaten Kotawaringin Timur. Ibukota Provinsi Kotawaringin ini akan ditempatkan di Seruyan.

Semoga informasi mengenai berita terkini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa membantu kamu, ya! Terimakasih sudah membaca! Kami harap informasi ini bisa bermanfaat utnukmu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU