Tuesday 17th of September 2024
×

Begini Asal-usul Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang Berasal Dari Cerita Kebaikan Anak Seorang Tuan yang Tanah Kikir

Begini Asal-usul Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang Berasal Dari Cerita Kebaikan Anak Seorang Tuan yang Tanah Kikir

--

Semakin lama hujan semakin deras disertai petir yang menyambar-nyambar. Akhirnya desa tersebut mulai terlihat tergenang air yang semakin lama semakin meninggi dan menenggelamkan rumah-rumah di desa tersebut.

Melihat air yang sudah menenggelamkan sebagian besar rumah di desa tersebut pak kikir mulai panik dan meminta pertolongan. Sayangnya terlambat bagi pak kikir untuk meninggalkan desa tersebut sehingga ia mati tenggelam bersama harta melimpah miliknya.


Seluruh warga desa yang hanya bisa meratapi dan melihat desanya tenggelam oleh air dan berubah menjadi danau. Merasa sedih seluruh warga desa kembali mencari tempat baru untuk lahan mereka tinggal dan bertani.

Baca juga: BAGIAN 1: Dusun Keramat Riak Kisah Legendaris dari Rakyat Bengkulu, Asal Usul Riak Bakau!

Baca juga: BAGIAN 2: Dusun Keramat Riak Kisah Legendaris Rakyat Bengkulu, Kedatangan Saudagar dari China!

Setelahnya di tempat lahan baru akhirnya anak pak kikir diangkat menjadi pimpinan desa yang baru tersebut. Anak pak kikir berlaku adil dan membagi lahan di tempat baru secara adil kepada seluruh warga desa.

Di sini warga desa bahu-membahu bergotong-royong membuat irigasi untuk ladang di lahan baru tersebut. Hingga semakin lama Desa baru tersebut menjadi desa yang subur dan makmur karena lahan yang ditanami persawahan itu tumbuh dengan subur.

Desa tersebut lama-kelamaan diberi nama dengan anjuran karena seluruh warga desa tersebut adalah orang-orang yang mengikuti anjuran dari pemimpinnya.

Semakin lama warga desa yang termasuk orang Sunda ini menyebut tempat tersebut dengan nama Cianjur yakni berarti air dan anjur adalah saran.

Semoga informasi mengenai berita terkini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa membantu kamu, ya! Terimakasih sudah membaca! Kami harap informasi ini bisa bermanfaat utnukmu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU