Tuesday 17th of September 2024
×

Rencana Pemekaran Provinsi Jambi, Draft Usulan Sudah Masuk! Apakah Daerahmu Termasuk?

Rencana Pemekaran Provinsi Jambi, Draft Usulan Sudah Masuk! Apakah Daerahmu Termasuk?

--

Otonity.com - Baru baru ini Kembali viral kabar Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan pemekaran 3 wilayah dengan tujuan untuk membentuk 1 kota dan 2 kabupaten baru di Jambi. Apakah sebentar lagi menuju realisasi?

Pembentukan provinsi baru ini merupakan aspirasi dari warga dan tokoh masyarakat, meskipun masih terhambat oleh moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.


Alasan utama di balik pemekaran adalah untuk meningkatkan kendali pelayanan birokrasi pemerintahan, mengingat wilayah Provinsi Jambi yang sangat luas, mencapai 53.435,72 kilometer persegi.

Baca juga: Provinsi Jambi Terpecah Belah, Ini 3 Kota dan Kabupaten Usulan Pemekaran Wilayah, Masyarakat Makin Makmur?

Baca juga: Daftar 5 Daerah Sumatera Barat yang Alami Pemekaran Wilayah, Ada yang Baru Dimekarkan Mau Usulkan Lagi!

Baca juga: Nagari Rabi Jonggor Jadi 4 Jorong, Ini Daftarnya yang Siap Lakukan Pemekaran Wilayah Kejorongan Paraman Ampalu!

Selain itu, jumlah penduduk Provinsi Jambi juga telah mencapai jumlah yang signifikan, yakni sekitar 3.64 juta jiwa berdasarkan data Dirjen Dukcapil tahun 2022.

Provinsi Jambi saat ini terdiri dari 11 wilayah kabupaten/kota, dengan 9 kabupaten dan 2 kota.

Dengan penambahan dua kabupaten baru, yaitu Kabupaten Jambi Barat dan Kabupaten Jambi Timur, serta satu kota, maka Provinsi Jambi akan memiliki total 11 kabupaten dan 3 kota.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU