Tuesday 17th of September 2024
×

3 Wilayah ini Dipaksa Keluar dari Jambi? Sudah Ada Surat Resmi, Pemekaran Provinsi Sumatra Tengah Bukan Isapan Jempol

3 Wilayah ini Dipaksa Keluar dari Jambi? Sudah Ada Surat Resmi, Pemekaran Provinsi Sumatra Tengah Bukan Isapan Jempol

--

Pemekaran Provinsi Jambi

Terdapat tiga calon Provinsi baru yang diajukan, yaitu Provinsi Jambi Barat, Provinsi Puncak Andalas, dan Provinsi Sumatera Tengah. Dalam usulan pemekaran ini, wilayah Provinsi Jambi juga terlibat, termasuk Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang akan menjadi bagian dari ketiga Provinsi tersebut. Bahkan, Kota Sungai Penuh dianggap sebagai lokasi yang cocok untuk menjadi Ibu Kota dari ketiga Provinsi tersebut.

  1. Provinsi Jambi Barat

Usulan pembentukan Provinsi Jambi Barat melibatkan pemekaran dari Provinsi Jambi yang mencakup 1 kota dan 5 kabupaten, yaitu Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, dan Kabupaten Merangin. Kota Sungai Penuh dianggap sebagai kota yang memiliki fasilitas lengkap dibandingkan dengan daerah lainnya.

  1. Provinsi Puncak Andalas

Selanjutnya, rencana pembentukan Provinsi Puncak Andalas melibatkan gabungan dari tiga provinsi, yaitu Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Bengkulu. Terdapat 1 kota dan 5 kabupaten yang berasal dari ketiga provinsi tersebut, termasuk Kabupaten Muko-muko dari Provinsi Bengkulu, serta Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, dan Kabupaten Merangin dari Provinsi Jambi. Dalam rencana ini juga termasuk dua kabupaten dari Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pesisir Selatan, bersamaan dengan calon Kabupaten Kerinci Hilir, hasil pemekaran dari Kabupaten Kerinci.

Baca juga: Usulkan Pemekaran Wilayah, Kotawaringin Raya Layak Jadi Provinsi Baru! Pemerintah Masih Lakukan Peninjauan

Baca juga: Tabel Cicilan Kredit Motor Yamaha NMAX 155 Terbaru November 2023 Semua Tipe, Cek di Sini Biar Nggak Kaget

Baca juga: Begini Penyakit Mobil Mitsubishi Xpander yang Sering Muncul, Simak Sebelum Beli!

Rencana Ibukota Provinsi Puncak Andalas juga berlokasi di Kota Sungai Penuh, yang merupakan satu-satunya kota yang menjadi bagian dari Provinsi ini. Usulan pembentukan Provinsi Puncak Andalas juga merupakan aspirasi dari warga dan tokoh masyarakat, dan salah satu penggagasnya adalah Marzuki Usman, mantan Menteri Pariwisata pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

  1. Provinsi Sumatera Tengah

Surat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah ini memiliki nomor 01/X/IPST-2022, diterbitkan pada tanggal 27 Oktober 2022, dan ditujukan kepada Presiden RI.

Penandatangan surat ini adalah Zulfikar Atut, Dt. Penghulu Besar, yang menjabat sebagai Ketua Inisiator pembentukan Provinsi Sumatera Tengah. Zulfikar adalah salah satu tokoh masyarakat Dharmasraya.

Usulan ini diajukan untuk meningkatkan daya saing masyarakat di 7 kabupaten dan kota yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, dan Provinsi Jambi. Total penduduk yang terlibat mencapai 1.847.000 jiwa, dengan luas wilayah mencapai 23.170 km²," seperti yang tertera dalam surat tersebut.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU