Tuesday 17th of September 2024
×

Rencanakan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika, Inilah Daftar Wilayah yang Akan Alami Pemekaran!

Rencanakan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika, Inilah Daftar Wilayah yang Akan Alami Pemekaran!

--

OTONITY.com - Setelah adanya rapat yang dilakukan oleh DPRD, Bupati hingga masyarakat, kini rencana pembangunan provinsi baru untuk Kabupaten Mimika nampaknya bukan wacana belaka. Beberapa wilayah berikut ini juga telah disusun untuk dilakukan pemekaran wilayah.

Eltinus Omaleng sebelumnya sangat gigih dalam mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Tengah sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Deklarasi ini kemudian disahkan sebagai undang-undang dan berdiri hingga saat ini. Selain itu, Omaleng juga mencalonkan diri sebagai bakal calon Gubernur Papua Tengah pada masa itu.


Deklarasi ini diadakan di halaman Gereja Kingmi Marthen Luther di Mile 32, Kabupaten Mimika, pada 15 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Eltinus Omaleng mengusulkan pemekaran Kota Madya Timika, Kabupaten Mimika Timur, dan Kabupaten Mimika Barat. Kesepakatan ini kemudian diserahkan kepada Valentinus Sudarjanto Sumito, yang sebelumnya menjabat sebagai Penjabat Bupati Mimika.

Berikut adalah poin-poin kesepakatan untuk Provinsi Papua Nemangkawi:

1. Mendukung sepenuhnya pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi dengan ibu kota di Timika.
2. Mendukung sepenuhnya pembentukan kota madya di Timika.
3. Mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Mimika Barat dengan ibukota di Kapiraya.
4. Mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Mimika Timur dengan ibukota di Agimuga.

Baca juga: Usulkan Pemekaran Wilayah, Mega Proyek Calon Ibukota Lampung Kini Mangkrak! Bagaimana Nasib Selanjutnya?

Baca juga: Rencana Pemekaran Provinsi Jambi, Draft Usulan Sudah Masuk! Apakah Daerahmu Termasuk?

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan yang Jadi Target Pemekaran, Pemandangannya Gak Ada Duanya

Dengan ditandatanganinya berita acara kesepakatan bersama ini, Provinsi Papua Nemangkawi, Kota Timika, Kabupaten Mimika Timur, dan Kabupaten Mimika Barat secara resmi dideklarasikan.

Deklarasi dan kesepakatan ini melibatkan tanda tangan dari Eltinus Omaleng, 20 anggota DPRD Mimika, serta tokoh-tokoh masyarakat, agama, adat, dan pemuda.

Wakil Ketua DPRD Mimika, Johanis Felix Helyanan, memberikan dukungannya terhadap inisiatif Bupati Mimika untuk membentuk provinsi sendiri yang berkedudukan di Mimika. Ia juga mendukung upaya percepatan pemekaran kabupaten yang telah direncanakan namun belum terealisasi selama ini.

Menurut Helyanan, Mimika telah mengalami perkembangan yang pesat dan memiliki sumber daya yang besar. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa dengan perkembangan tersebut, Mimika sudah layak untuk membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB).

Ia berpendapat bahwa jika usulan ini dianggap bermanfaat, maka hendaknya mendapatkan dukungan. Menurutnya, kita harus membahas kemungkinan membentuk kabupaten dan provinsi baru.

Sumber:

UPDATE TERBARU