Thursday 19th of September 2024
×

Rencanakan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika, Inilah Daftar Wilayah yang Akan Alami Pemekaran!

Rencanakan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika, Inilah Daftar Wilayah yang Akan Alami Pemekaran!

--

Valentinus Sudarjanto Sumito, Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, merespons usulan dari Kabupaten Mimika dengan baik.

Menurutnya, pemekaran Kabupaten Mimika Barat dan Kabupaten Mimika Timur sudah menjadi prioritas yang telah ditetapkan melalui Surat Presiden. Valentinus menganggap bahwa Kabupaten Mimika sebagai daerah induk masih memiliki potensi untuk dimekarkan menjadi beberapa kabupaten atau kota otonom.


Menurut Valentinus, pemekaran daerah adalah ide yang logis dan patut diperjuangkan untuk melayani masyarakat. Dia juga menyatakan bahwa pemekaran Kabupaten Mimika menjadi provinsi otonom adalah suatu kemungkinan.

Hal ini disebabkan oleh luas wilayahnya, kekayaan alam yang melimpah, dan potensi yang ada. Selain itu, mayoritas penduduk Kabupaten Mimika memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi kedua setelah Kota Jayapura di Tanah Papua selama tahun 2017-2019.

Baca juga: Provinsi Baru Muncul di Peta di Indonesia, Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Sudah Realisasi?

Baca juga: Jambi Bentuk Daerah Otonomi Baru Dampak Pemekaran 3 Kota/Kabupaten, Daerah Mana Saja yang Dicaplok?

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan Buat Ekspansi Sawit Sampai Minyak Bumi, Gas, dan Batubara?

Berikut adalah pemetaan wilayah pemekaran Provinsi Papua Nemangkawi:

1. Kabupaten Mimika Barat akan mencakup Distrik Mimika Tengah, Distrik Mimika Barat, Distrik Mimika Barat Tengah, Distrik Mimika Barat Jauh, dan Distrik Amar.

2. Kabupaten Mimika Timur akan meliputi Distrik Agimuga, Distrik Jita, Distrik Alama, Distrik Jila, dan Distrik Mimika Timur.

3. Kota Timika akan menjadi ibu kota dan mencakup Distrik Mimika Baru.

4. Kabupaten Mimika sebagai daerah induk akan mencakup Distrik Mimika Timur Jauh, Distrik Kuala Kencana, Distrik Tembagapura, Distrik Kwamki Narama, Distrik Hoya, Distrik Iwaka, dan Distrik Wania.

Sumber:

UPDATE TERBARU