Tuesday 17th of September 2024
×

Cara Mengatasi Motor BeAT Mati dan Susah Stater, Tapi Aki Masih Normal! Cek Dulu Sparepart Ini

Cara Mengatasi Motor BeAT Mati dan Susah Stater, Tapi Aki Masih Normal! Cek Dulu Sparepart Ini

--

3. Periksa saklar starter: Pastikan saklar starter berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Jika ada kerusakan pada saklar starter, segera gantilah dengan yang baru.

4. Bersihkan busi: Bersihkan busi dan pastikan dalam kondisi baik. Jika busi rusak, gantilah dengan yang baru.


5. Bersihkan karburator: Bersihkan karburator dan pastikan dalam kondisi baik. Jika terdapat kerusakan pada karburator, kalian dapat menggantinya dengan yang baru.

6. Periksa sistem kelistrikan: Selidiki sistem kelistrikan motor secara menyeluruh, terutama bagian yang terkait dengan starter. Pastikan tidak ada kabel yang terputus atau komponen yang rusak.

Baca juga: Event Balap Cilegon Tahun 2023 UDRM Cup Race Siap Hadir 11 – 12 November Dengan Total Hadiah Sampai 200 Juta

Baca juga: Tandingi Honda BeAt! Yamaha Vega Matic 125 2023 Siap Bersaing, Hadirkan Gaya Retro Futuristik

Baca juga: Spesifikasi Mobil Isuzu Panther Reborn Terbaru 2023 Pakai Kapasitas 2.500 CC Dengan 4 Silinder

Sparepart Motor BeAt Tidak Bisa Distater

Menurut Suhendri, seorang mekanik dari Bagus Motor yang berlokasi di Jl. Raya Rorotan Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, masalah sulit starter ini sering ditemui pada Honda BeAT yang sudah cukup usang.

"Masalah paling umum yang membuat motor sulit untuk distarter adalah akinya kehabisan daya. Namun, terkadang masalah ini juga terjadi pada motor dengan aki yang masih dalam kondisi baik," jelas Hendri.

"Jika setelah memeriksa daya aki dan hasilnya baik, maka kalian perlu memeriksa relay starter."

Posisi relay starter Honda BeAT terletak dalam kotak sekring yang terletak di bagian bawah dek kaki motor.

"Biasanya, masalahnya disebabkan oleh kelemahan pada relay starter yang sudah mulai aus, sehingga motor kesulitan saat dihidupkan menggunakan starter listrik," tambahnya.

"Jadi, solusinya adalah mencoba mengganti relay starter tersebut, dan harganya pun tidak terlalu mahal," katanya. Harga relay starter ini, dengan kode part 38501KVZ631, hanya sekitar Rp 27 ribu.

"Kalian dapat menemukannya dengan harga sekitar Rp 30 ribu di bengkel atau toko online. Cukup gantikan relay lama dengan yang baru, dan biasanya masalah sulit starter akan teratasi," tutupnya.

Jadi, jika kalian mengalami masalah motor Honda BeAT yang sulit untuk distarter, coba periksa dan ganti relay starter-nya.

Sumber:

UPDATE TERBARU