Tuesday 17th of September 2024
×

Bikin Kaget! Pemekaran Gorontalo Provinsi Termuda di Indonesia Hasilkan 3 Wilayah Baru: Begini Keadaannya Sekarang!

Bikin Kaget! Pemekaran Gorontalo Provinsi Termuda di Indonesia Hasilkan 3 Wilayah Baru: Begini Keadaannya Sekarang!

--

Pemekaran Gorontalo

Gorontalo senditi terletak di bagian utara Pulau Sulawesi, adalah salah satu provinsi terkecil di Indonesia. Ini menjadi provinsi paling muda di Indonesia. Gorontalo terbentuk pada 22 Desember tahun 2000, menjadikannya sebagai provinsi termuda di tanah air.

Sebelumnya, keluarnya Undang-Undang 32 tahun 2004 telah memberi kesempatan bagi daerah untuk mengatur dan mengurus daerahnya sendiri atau yang lebih dikenal dengan otonomi daerah.


Dengan adanya undang-undang tersebut memberikan peluang bagi daerah yang telah mampu dari segala aspek baik potensi daerah, sumber daya manusia, luas wilayah, administrasi dan lainnya dapat memekarkan daerahnya menjadi lebih dari satu daerah sebagaimana yang diatur pada pasal 4 ayat 4 UU 32 Tahun 2004.

Sebagai informasi Kabupaten Gorontalo telah mengalami tiga kali pemekaran. Pemekaran pertama pada tahun 1999 yang melahirkan Kabupaten Boalemo, pemekaran ke dua pada tahun 2003 yang melahirkan Kabupaten Bone Bolango, dan terakhir pada tahun 2007 yang melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara.

Baca juga: Provinsi Baru Muncul di Peta di Indonesia, Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Sudah Realisasi?

Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Makin Gencar, 4 Kabupaten Ini Miliki Potensi yang Luar Biasa!

Baca juga: 3 Wilayah ini Dipaksa Keluar dari Jambi? Sudah Ada Surat Resmi, Pemekaran Provinsi Sumatra Tengah Bukan Isapan Jempol

Pemekaran Gorontalo Provinsi Termuda di Indonesia Hasilkan 3 Wilayah Baru

  1. Kabupaten Boalemo (Tahun 1999)

Pada tahun 1999, Kabupaten Gorontalo memutuskan untuk memekarkan wilayahnya, yang kemudian melahirkan Kabupaten Boalemo. Pemekaran ini menjadi langkah awal menuju pembentukan provinsi tersendiri.

  1. Kabupaten Bone Bolango (Tahun 2003)

Wilayah ini terbentuk dalam pemekaran wilayah Provinsi Gorontalo terjadi pada tahun 2003, yang menghasilkan pembentukan Kabupaten Bone Bolango. Dengan semakin banyaknya daerah otonom yang muncul, Gorontalo semakin mengukuhkan eksistensinya sebagai provinsi yang mandiri.

  1. Kabupaten Gorontalo Utara (Tahun 2007)

Pemekaran terakhir terjadi pada tahun 2007. Pada tahun ini, Kabupaten Gorontalo kembali memekarkan wilayahnya dan melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara. Pemekaran ini merupakan penegasan lebih lanjut terhadap kemandirian Provinsi Gorontalo.

Bagaimana menarik bukan? Demikianlah informasi mengenai Pemekaran Gorontalo Provinsi Termuda di Indonesia Hasilkan 3 Wilayah Baru ini. Bagaimana menurutmu? Terimakasih sudah membaca!

Sumber:

UPDATE TERBARU