Thursday 19th of September 2024
×

Mengejutkan! Ini Alasan Kabupaten Soppeng Gabung ke Provinsi Bugis Timur Bareng Kabupaten Bone, Wajo, Sinjai, Sidenreng Rappang

Mengejutkan! Ini Alasan Kabupaten Soppeng Gabung ke Provinsi Bugis Timur Bareng Kabupaten Bone, Wajo, Sinjai, Sidenreng Rappang

--

Kabupaten Soppeng

Kabupaten Soppeng menduduki ibu kota di Watansoppeng. Wilayah yang satu ini sendiri dikenal memiliki beberapa potensi. Daerah berjuluk Kota Kalong itu secara Geografis terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi.

Daerahnya mencakup beragam landskap. Termasuk pegunungan dan perbukitan. Kabupaten Soppeng juga memiliki sungai dan hutan hujan tropis yang berpotensi menjadi penopang Provinsi Bugis Timur nantinya.


Baca juga: Bikin Kaget! Pemekaran Gorontalo Provinsi Termuda di Indonesia Hasilkan 3 Wilayah Baru: Begini Keadaannya Sekarang!

Baca juga: Intip 3 Kota Hasil Pemekaran Gorontalo yang Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 2007, Belum Banyak Dikenal Masyarakat

Baca juga: Usulkan Pemekaran Wilayah, Mega Proyek Calon Ibukota Lampung Kini Mangkrak! Bagaimana Nasib Selanjutnya?

Alasan Kabupaten Soppeng Gabung ke Provinsi Bugis Timur Bareng Kabupaten Bone, Wajo, Sinjai, Sidenreng Rappang

Memiliki wilayah yang subur banget membuat mata pencaharian utama penduduk Kabupaten Soppeng adalah pertanian dan perkebunan. Terdapat sejumlah komoditas utama didaerah ini.

Komoditas pertanian utama di wilayah ini antara lain padi, jagung, cengkeh, kopi, kakao, kelapa, tembakau, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu, dan Ubi Jalar.

Sektor pertanian yang juga menjadi salah satu penopang ekonomi masyarakat di Kabupaten Soppeng. Tak heran, potensi pertanian ini juga di yakini dapat menjadi penopang Provinsi Bugis Timur jika dimekarkan dari Sulsel.

Tak cuma punya potensi pertanian yang menjanjikan di Provinsi Sulsel namun daerah yang satu ini juga dikenal memiliki potensi pariwisata yang menjadi unggulan. Ada beberapa objek wisata alam dan budaya yang menarik di Soppeng seperti, Mununge Goarie, Situs Megalitik Lawo, Permandian air panas Lejja.

Soppeng adalah salah satu dari banyak daerah yang menyumbang kekayaan budaya dan alam Sulawesi Selatan. Jadi pengembangan pariwisata dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dapat menjadi upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk di wilayah ini.

Jadi itulah informasi mengenai berita terbaru yang dapat kami sampaikan melalui unggahan otonity.com hari ini. Buat kamu jangan lupa untuk terus mengikuti kami supaya tak ketinggalan informasi menarik lainnya ya guys!

Sumber:

UPDATE TERBARU