Tuesday 17th of September 2024
×

Legenda Asal-Usul Nama Kabupaten Karawang yang Ternyata Sudah Jadi Daerah Sibuk Sejak Dulu

Legenda Asal-Usul Nama Kabupaten Karawang yang Ternyata Sudah Jadi Daerah Sibuk Sejak Dulu

--

Karawang telah dikenal sejak Kerajaan Pajajaran yang berpusat di daerah Bogor. Dulu, Karawang menjadi jalur lalu lintas yang sangat penting sebagai penghubung Kerajaan Pakuan Pajajaran dengan Galuh Pakuan yang Berpusat di Ciamis.

Wilayah Karawang termasuk ke dalam dataran tinggi dengan ketinggian 0,6 km di atas permukaan laut dan kemiringan tanah 0,2 persen. Luas wilayah Karawang 17.503,27 km2 atau sekitar 3,73 persen dari luas provinsi Jawa Barat.


Karawang memiliki 30 kecamatan yang terdiri dari 298 desa dan 11 kelurahan. Wilayah Karawang berbatasan dengan Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, serta Kabupaten Purwakarta.

Kabupaten Karawang merupakan wilayah pertanian sawah dengan pengairan irigasi dan sebagian besar penduduknya hidup sebagai petani dan nelayan di pantai.

Masyarakat Karawang banyak berprofesi sebagai petani dan nelayan ini berpengaruh terhadap corak kebudayaan yang berkembang di Karawang. Banyak keyakinan dan seni di Kabupaten Karawang lahir dari latar belakang tersebut, seperti nyalin, babarit, nadlan, hajat bunyi, hingga seni topeng dan tari jaipong.

Baca juga: Dari Santet Sampai Exorcism! Cek Judul Film Horor Indonesia yang Tayang November 2023 Ini Bikin Merinding

Baca juga: Daftar Judul Film Horor Terseram Tayang November di Bioskop, Siap Hantui Hari-Harimu Dengan Teror Mengerikan

Baca juga: Daftar 8 Kota Ternyaman di Indonesia Untuk Tempat Tinggal, Sudah Siap untuk Pindah? Nomor 6 Bikin Takjub

Asal-usul Nama Karawang

Sebagian besar wilayah Karawang dahulu kala adalah hutan belantara dengan rawa-rawa. Hal inilah yang membuat wilayah ini dikenal dengan nama Karawang. Dalam bahasa Sunda, Karawang berasal dari kata ke-rawa-an yang berarti berawa-rawa.

Penamaan jalan di Kabupaten Karawang juga banyak yang mengandung kata “rawa”, seperti Rawagede, Rawasari, Rawagempol, Rawamerta, dan masih banyak lagi.

Nama Karawang atau Krawang diambil dari sudut Sungai Citarum yang mengarah ke laut. Dahulu kala, Karawang disebut sebagai Oedjoeng Karawang atau Ujung Karawang layaknya ujung kertas yang dirobek.

Hal ini berdasarkan oleh besarnya muara Sungai Citarum yang jika dilihat dari arah Jawa seperti ujung kertas yang tersobek dengan lautan yang menjorok ke daratan.

Berdasarkan ensiklopedia yang berjudul Encyclopaedie van Nederlandsch-Indei yang ditulis oleh S. De Graaf dan D. G. Stibbe disebutkan bahawa kata Krawang yang disebutkan dalam laporan-laporan orang Portugis berasal dari kata Caravam atau Cravaon yang berarti kafilah.

Banyaknya versi dalam penulisan kata Karawang menunjukkan bahwa Karawang telah tercatat setidaknya sejak awal abad ke-16 karena merupakan salah satu wilayah pesisir yang dilewati kapal -kapal Internasional.

Bagaimana menarik bukan? Demikianlah informasi mengenai informasi yang terkait dengan kota Karawang. Bagaimana menurutmu? Terimakasih sudah membaca!

Sumber:

UPDATE TERBARU