Thursday 19th of September 2024
×

Fakta Menarik Kota Lubuklinggau yang Batiknya Terkenal Sampai ke Berbagai Penjuru Dunia

Fakta Menarik Kota Lubuklinggau yang Batiknya Terkenal Sampai ke Berbagai Penjuru Dunia

--

Daerah Rencana Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan:

  1. Banyuasin Tengah:

Kabupaten Banyuasin akan mengalami pemekaran dengan pembentukan Banyuasin Tengah, mencakup daerah Tanjung Lago, Talang Kelapa, Tanjung Lago, Sumber Marga Telang, Muara Telang, Banyuasin II, dan Karang Agung Ilir. 

  1. Banyuasin Timur:

Pemekaran Banyuasin Timur akan melibatkan wilayah Mariana, yang mencakup Rambutan, Banyuasin I, Muara Padang, Muara Sugihan, Air Saleh, Air Kumbang, dan Makarti Jaya. 

  1. Basemah:

Kabupaten Lahat akan mengalami pemekaran dengan pembentukan Basemah, yang mencakup daerah Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan, Muara Payang, Tanjung Sakti Pumu, Tanjung Sakti Pumi, Kota Agung, dan Tanjung Tebat. P

  1. Gelumbang:

Gelumbang, yang terletak di Kabupaten Muara Enim, akan menjadi bagian dari pemekaran ini. Wilayah ini mencakup Gelumbang, Lembak, Sungai Rotan, Kelekar, Muara Belida, dan Belida Darat.

  1. Kikim Area:

Kabupaten Lahat akan mengalami pemekaran dengan pembentukan Kikim Area, yang mencakup daerah Kikim Timur, Kikim Tengah, Kikim Barat, Kikim Selatan, dan Pseksu. 

  1. Musi Banyuasin Timur:

Pemekaran Musi Banyuasin Timur akan mencakup wilayah Sungai Lilin, Bayung Lencir, Keluang, Lalan, Tungkal Jaya, dan Babat Supat. 

  1. Musi Ilir:

Kabupaten Musi Banyuasin akan mengalami pemekaran dengan pembentukan Musi Ilir, yang mencakup daerah Plakat Tinggi, Batanghari Leko, Lawang Wetan, Sanga Desa, dan Babat Toman. 

  1. Pantai Timur:

Kabupaten Ogan Komering Ilir akan mengalami pemekaran dengan pembentukan Pantai Timur, mencakup daerah Pangkalan Lampam, Tulung Selapan, Cengal, Air Sugihan, dan Sungai Menang. 

  1. Rambang Lubai Lematang:

Kabupaten Muara Enim akan mengalami pemekaran dengan pembentukan Rambang Lubai Lematang, mencakup daerah Rambang Niru, Rambang, Lubai Ulu, Lubai, Empat Petulai Dangku, dan Belimbing. 

  1. Kota Palembang Ulu:

Kota Palembang akan mengalami pemekaran dengan pembentukan Kota Palembang Ulu, mencakup daerah Plaju, Kertapati, Jakabaring, Seberang Ulu I, dan Seberang Ulu II. 

Baca juga: Rencanakan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika, Inilah Daftar Wilayah yang Akan Alami Pemekaran!

Baca juga: Usulkan Pemekaran Wilayah, Mega Proyek Calon Ibukota Lampung Kini Mangkrak! Bagaimana Nasib Selanjutnya?

Baca juga: 7 Kabupaten Ini Akan Alami Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Masyarakat Sudah Respon Positif!

Fakta Menarik Kota Lubuklinggau

1. Batiknya Sudah Mendunia

 JYK, sebuah label fesyen lokal memperkenalkan batik Lubuk Linggau ke mata dunia lewat Milan Fashion Week 2021 di Palazzo Visconti, Milan, Italia. Sang desainer berhasil merancang pakaian dengan apik dari kain batik Lubuk Linggau, yang disebut batik Durian.

2. Punya Bandara Sendiri

Saat ini, bandara tersebut melayani rute langsung menuju Jakarta dengan maskapai Batik Air dan Nam Air. Selain bandara, Lubuk Linggau juga punya stasiun kereta api yang melayani rute menuju Palembang. Di dalam kota, alat transportasi yang tersedia adalah ojek, bacak, dan angkot.

3. Destinasi Wisata yang Beragam

Ada juga Bukit Sulap, yang letaknya sekitar dua kilometer dari pusat kota. Lalu ada Bendungan Watervang, yang dibuat dari zaman penjajahan Belanda dulu.

4. Kuliner Khas Lezat Nan Murah

Beberapa di antaranya adalah Ayam Teciyet, Burgo, Sambal Kabau, dan Ikan Salai. Ayam Teciyet merupakan ayam kampung goreng yang diberi bumbu campuran dari rempah-rempah dan disajikan dengan tomat. Burgo adalah sejenis pempek dengan kuah dan saus, sedangkan Sambal Kabau adalah sambal yang terbuat dari buah Kabau dengan aroma tajam menusuk. Wah, jadi ingin jajan rasanya. 

5. Desain Masjid Agung Terinspirasi dari Rasulullah

Kota Lubuk Linggau memiliki masjid agung yang diberi nama Masjid As-salam. Ini adalah salah satu landmark populer di kota ini. Di halamannya, terdapat air mancur yang bisa menari-nari di waktu-waktu azan. 

Semoga informasi mengenai berita terkini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa membantu kamu, ya! Terimakasih sudah membaca! Kami harap informasi ini bisa bermanfaat untukmu!

Sumber:

UPDATE TERBARU