Thursday 19th of September 2024
×

Fakta Menarik Uang Panai, Ramai Setelah Dijadikan Mahar Nikah Oleh Nirwan Afandy dan Putri Arian Warga Sulsel Sebanyak 2M!

Fakta Menarik Uang Panai, Ramai Setelah Dijadikan Mahar Nikah Oleh Nirwan Afandy dan Putri Arian Warga Sulsel Sebanyak 2M!

--

Nominal uang panai yang mahal menjadi pertanyaan banyak pihak. Nominal uang panai yang fantastis ini tentunya tidak dipatok sembarangan. Sebab, nominal uang panai telah dipatok sejak dahulu kala.

Menurut seorang budayawan asal Sulawesi Selatan yaitu Nurhayati Rahman, pada zaman dahulu, banyak orang tua yang ingin melihat keseriusan dari seorang pria ketika ia melamar anak perempuanya. Oleh karena itu, uang panai dipatok dengan harga yang mahal untuk melihat sebesar apa upaya dari laki-laki untuk menikahi perempuan pujaan hatinya.


Baca juga: Motif Pengeroyokan Siswa PSHT di Kediri Sampai Tewas, Ternyata 4 Tersangka Dalam Pengaruh Alkohol

Baca juga: Sejarah Kota Pontianak yang Konon Tercipta Gara-Gara Legenda Hantu Kuntilanak: Cek Faktanya di Sini

Baca juga: 5 Fakta Provinsi Kepulauan Flores yang Mekar dari NTT, Mulai Dari Berjuluk Pulau Ular Hingga Punya Tradisi Berburu Paus

Mahalnya uang panai dinilai akan membuat calon mempelai pria berusaha untuk mempertahankan pernikahannya kelak. Sebab, laki-laki yang akan menikah dengan perempuan Bugis telah mengetahui betapa sulitnya bagi mereka untuk menikahi perempuan pujaannya.

Uang panai atau panaik merupakan simbol pemberian penghargaan kepada calon istri yang diberikan oleh laki-laki yang ingin meminangnya. Secara filosofis, tradisi pemberian uang panai memiliki tujuan untuk melihat kesungguhan dan kerja keras dari calon suami untuk meminang calon istrinya. 

Sumber:

UPDATE TERBARU