Sunday 8th of September 2024
×

Inilah Sejarah dan Asal Usul Nama Sungai Musi Palembang, Sungai yang Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya!

Inilah Sejarah dan Asal Usul Nama Sungai Musi Palembang, Sungai yang Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya!

--

OTONITY –  Sungai Musi adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera setelah Sungai Batanghari. Sungai ini sangat fenomenal dan memiliki sejarah, baik terkait namanya, maupun perannya bagi masyarakat sejak era kerajaan.
Sungai ini juga menjadi objek pariwisata karena keindahannya.

Apalagi terdapat Jembatan Ampera yang mempercantik Sungai Musi di Palembang. Simak sejarah dan fakta-fakta menariknya di bawah ini.


Baca juga: Terbukti Nyata! Ini Penampakan Penghuni Kota Saranjana yang Ternyata Tidak Punya Philtrum Bikin Merinding

Baca juga: Sejarah Kota Saranjana yang Tercatat Dalam Peta Belanda Tahun 1845, Sudah Punya Gedung Pencakar Langit Sejak Ratusan Tahun Lalu

Baca juga: Bakal Jadi Ibu Kota Provinsi Sumselbar Kota Lubuklinggau Ternyata Menjadi Kota Perjuangan di Era Kemerdekaan

Sungai Musi kalah panjang dengan Sungai Batanghari di Jambi yang mencapai 800 kilometer. Namun sejarah Sungai Musi mungkin lebih panjang dan sudah dikenal hingga ke negeri China jauh sebelum era Kerajaan Sriwijaya. Pada masa lalu, transportasi di dunia hanya mengandalkan transportasi air menggunakan perahu layar. Manusia saat itu belum menemukan transportasi darat apalagi udara seperti saat ini.

Aktivitas manusia hanya mengandalkan angkutan sungai dan perahu layar di laut. Pada masa itu bajak laut juga banyak melakukan penjelajahan hingga ke wilayah yang kini menjadi Palembang, Sumatera Selatan. Menurut cerita, salah satu kelompok bajak laut dari China yang terdiri dari beberapa kapal tiba di Selat Bangka.

Sumber:

UPDATE TERBARU