Tuesday 17th of September 2024
×

Inilah Sejarah dan Asal Usul Nama Sungai Musi Palembang, Sungai yang Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya!

Inilah Sejarah dan Asal Usul Nama Sungai Musi Palembang, Sungai yang Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya!

--

Mereka melihat muara sebuah sungai yang lebar dan ternyata belum ada namanya di dalam peta.  Pemimpin kelompok bajak laut itu tertarik sehingga membagi tim untuk menjelajah masuk ke sungai yang belum ada di peta itu.

Para bajak laut ini sampai ke bagian hulu yang salah satunya wilayah Basemah di Lahat dan Pagar Alam saat ini. Para bajak laut ini kaget karena wilayah di sekitar sungai sangat subur, rempah-rempahnya tumbuh subur. Selain itu batu bara muncul dengan sendirinya di atas tanah.


Baca juga: Kenapa Dinamakan Semarang? Cek Sejarah dan Legenda Ibu kota Provinsi Jawa Tengah di Sini

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan Buat Ekspansi Sawit Sampai Minyak Bumi, Gas, dan Batubara?

Baca juga: Jambi Bentuk Daerah Otonomi Baru Dampak Pemekaran 3 Kota/Kabupaten, Daerah Mana Saja yang Dicaplok?

Kelompok bajak laut ini kembali berkumpul dan berbincang yang hingga akhirnya pemimpin kelompok ini menamai sungai ini dengan Mu Ci yang berarti ayam betina. Ayam betina dipilih karena sebagai mahluk yang memberikan keuntungan bagi manusia dengan telurnya yang banyak. Sungai itu layak disebut Mu Ci karena tanah di sekitarnya kaya dan subur serta masyarakat di sekitarnya dikenal baik.

Pada zaman Kerajaan Sriwijaya (abad ke-6 hingga abad ke-12) yang dikenal sebagai kerajaan maritim dengan armada laut yang kuat mengandalkan Sungai Musi sebagai sarana transportasi utama.

Sriwijaya konon membangun permukiman dan taman di pinggir Sungai Musi yang kini menjadi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijata (TPKS) di Gandus Palembang.

Inilah informasi mengenai  Sejarah dan Asal Usul Nama Sungai Musi Palembang

Sumber:

UPDATE TERBARU