Sunday 8th of September 2024
×

Kisah Legenda Joko Bahu, Jadi Sejarah Terbentuknya Kabupaten Kendal di Jawa Tengah

Kisah Legenda  Joko Bahu, Jadi Sejarah Terbentuknya Kabupaten Kendal di Jawa Tengah

--

menurut kisah sunan katong pernah terpana memandang keindahan dan kerindangan pohon kendal yang tumbuh di lingkungan sekitar.sambil menikmati pemandangan pohon kendal yang tampak "sari" itu, Dia menyebutkan bahwa daerah tersebut kelak bakal di sebut "KendalSari".pohon yang disebut2 warga masyarakat itu berada di pinggir jl.pemuda,juga di kenal dengan nama kendal Growong karna batangnya berlubang / growong.

Baca juga: Bikin Kaget! Pemekaran Gorontalo Provinsi Termuda di Indonesia Hasilkan 3 Wilayah Baru: Begini Keadaannya Sekarang!


Baca juga: Jambi Bentuk Daerah Otonomi Baru Dampak Pemekaran 3 Kota/Kabupaten, Daerah Mana Saja yang Dicaplok?

Baca juga: Kisah Legenda Suta dan Putri Adipati Kutaliman, Romeo dan Julietnya Indonesia yang Jadi Asal Usul Baturaden di Purwekerto

Di mulai dari seorang pemuda bernama joko bahu,ia seorang abdi dalem kerajaan mataram.joko bahu di kenal sebagai seorang yang mencintai sesama dan pekerja keras hingga ia berhasil memajukan daerahnya.atas keberhasilan itulah sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo mengangkat joko bahu menjadi bupati kendal yang bergelar Tumenggung bahuerkso.

Selain itu joko bahu juga di angkat memjadi panglima perang kerajaan metaram pda tgal 26 agustus 1628 untuk memimpin puluhan ribu prajurit menyerbu VOC di Batavia.pda pertampuran tgal 21 oktober 1628 joko bahu dan kedua putranya gugur sebagai kusuma bangsa.dari perjalanan itulah yang menjadi patokan sejarah lahirnya kab.kendal.

Sumber:

UPDATE TERBARU