Sunday 8th of September 2024
×

Fakta dan Mitos Jembatan Ampera, Konon Dihuni Hantu Banyu dan Buaya Jadi Jadian!

Fakta dan Mitos Jembatan Ampera, Konon Dihuni Hantu Banyu dan Buaya Jadi Jadian!

--

Fakta dan Mitos Jembatan Ampera

Jembatan Ampera dibangun pada tahun 60-an. Hingga saat ini, Jembatan Ampera merupakan ikon utama Kota Palembang. Berdiri gagah di atas sungai Musi, Jembatan Ampera memiliki keindahan tersendiri. Namun, di balik keindahan dan kemegahan arsitektur Jembatan Ampera, nyatanya jembatan yang dominan berwarna merah ini menyimpan mitos yang cukup menggema di masyarakat Palembang.

Salah satu mitos yang hingga saat ini masih jadi perbincangan adalah sosok Hantu Banyu. Sesuai dengan namanya, Banyu yang berarti air, hantu ini sering menampakan wujudnya seakan muncul ke permukaan air.


Baca juga: Sejarah Dusun Cawet di Wonosobo Begini Asal-Usulnya yang Berkaitan Dengan Perlawanan Terhadap Kolonialisme Belanda

Baca juga: Asal-usul dan Sejarah Nama Asahan, Sebuah Kabupaten di Sumut yang Merupakan Surga Dunia Tersembunyi

Baca juga: Siapa Sangka, Inilah 10 Kota Termaju di Indonesia! Nomor 6 Bikin Gak Percaya

Adapun wujud Hantu Banyu ini digambarkan sebagai manusia setengah siamang. Ia mencari calon korban yang sedang memancing atau berenang di sekitar sungai musi.

Karena adanya mitos ini, jika Adzan Magrib berkumandang, sangat disarankan kepada pengunjung untuk menyudahi aktivitasnya seperti berenang atau memancing di sekitar Sungai Musi. Apalagi untuk pemancing yang merasa kail pancingnya menyangkut sesuatu.

Nah itu dia tadi soal Fakta dan Mitos Jembatan Ampera yang sudah kami jelaskan di atas. Gimana menurut kamu soal ini? semoga informasi ini bisa menambah wawasan mu ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU