Tuesday 17th of September 2024
×

Bos Cafe Taufan Mokoginta Asal Surabaya Berhasil Menangkan World Coffee Roasting 2023, Bersaing dengan Banyak Peserta Lain

Bos Cafe Taufan Mokoginta Asal Surabaya Berhasil Menangkan World Coffee Roasting 2023, Bersaing dengan Banyak Peserta Lain

--

OTONITY.com- Dalam ajang World Coffee Roasting 2023 telah membawa nama Indonesia ke kancah nasional berkat Taufan Mokoginta yang berhasil menjadi pemenang dalam ajang tersebut hingga menyita perhatian banyak orang. 

Indonesia, sebuah negara agraris yang dikelilingi oleh banyak daerah dataran tinggi, merupakan salah satu produsen kopi utama meskipun hasil produksi kopi di Indonesia belum mencapai peringkat tertinggi di dunia.


Saat ini, posisi Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Brasil, yang menguasai 3/4 produksi kopi di dunia. Meskipun kedua negara ini berada di lintang yang serupa, yaitu dilintasi oleh garis khatulistiwa, Indonesia belum mampu memimpin pasar kopi global.

Tidak hanya dalam hal kuantitas, Indonesia juga kalah dalam kualitas kopi. Pasar kopi dunia lebih memperhatikan kopi Ethiopia atau Panama yang telah mendapatkan reputasi internasional yang tinggi. Meskipun beberapa kopi Indonesia mulai mendapat pengakuan atas kualitasnya yang semakin meningkat.

Baca juga: Kronologi Kejadian Aldi Sahilatua Nababan Ditemukan Tewas Mengenaskan di Kamar Kos Bali, Pelaku dalam Buronan Polisi

Baca juga: Aldi Sahilatua Nababan Mahasiswa Asal Taput Ditemukan Tewas di Kos Bali, Diduga Korban Pembunuhan

Baca juga: NEWS! Yoo Seung Ho dan Jeon Hye Jin Akan Jadi Pasangan di Drama I Am Home, Adaptasi Drama Populer Jepang!

Namun, pada WBC, seorang barista Indonesia yang membawa kopi Indonesia untuk pertama kalinya dan berhasil masuk final. Mikael Jasin, yang akrab disapa Miki, membawa kopi Flores - Manggarai pada WBC 2019 dan menempati posisi keempat. Keberhasilan ini pertama kalinya terjadi dalam sejarah WCE, yang membuat kopi Indonesia mulai menarik perhatian para pecinta kopi di seluruh dunia.

Bukan hanya Miki, dalam cabang lomba lain seperti World Coffee In Good Spirits (WCiGS), Shayla Philipa, seorang barista perempuan Indonesia, berhasil meraih posisi ketiga. Pada World Brewers Cup (WBrC), John Christopher menjadi finalis pertama dari Indonesia dan mendapatkan posisi kelima.

Kompetisi manual dalam pembuatan kopi ini menarik perhatian banyak pecinta kopi karena menentukan keaslian dan rasa kopi tanpa campuran lain.

Sumber:

UPDATE TERBARU