Thursday 19th of September 2024
×

Mengenal Siapa Etnis Rohingya Lengkap Dengan Fakta Dari Komunitas Muslim yang Dulu Tinggal di Wilayah Rakhine Myanmar Ini

Mengenal Siapa Etnis Rohingya Lengkap Dengan Fakta Dari Komunitas Muslim yang Dulu Tinggal di Wilayah Rakhine Myanmar Ini

--

Mengenal Siapa Etnis Rohingya

Masa Kolonial:

Selama masa kolonial, wilayah ini dikuasai oleh Inggris dan diperintah oleh British India. Pada masa ini, migrasi penduduk Bengal (sekarang Bangladesh) ke wilayah Rakhine terjadi.


Kemerdekaan Myanmar:

Pada tahun 1948, Myanmar meraih kemerdekaannya dari Inggris. Pada saat itu, Rohingya diakui sebagai warga negara. Namun, hubungan antara Rohingya dan pemerintah Myanmar semakin memburuk seiring waktu.

Baca juga: Viral! Pria Medan Tabrak Satpam Sampai Tewas Karena Terciduk Berbuat Mesum di Mobil, Langsung Diringkus Polisi

Baca juga: Inilah Postingan Terakhir Aldi Nababan di Akun Instagram Sebelum Ditemukan Tewas di Kamar Kos Bali, Ada Sebuah Pertanda?

Baca juga: Sosok Pacar Dari Aldi Nababan yang Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Kos Terungkap di Akun Instagramnya, Siapa Sosoknya?

Kewarganegaraan Dicabut:

Pada tahun 1982, pemerintah Myanmar mengeluarkan Undang-Undang Kewarganegaraan yang mengecualikan Rohingya dari kewarganegaraan. Hal ini menciptakan kondisi tanpa kewarganegaraan bagi banyak orang Rohingya, membuat mereka menjadi salah satu kelompok paling terlantar di dunia.

Konflik dan Pemindahan Paksa:

Konflik antara etnis Rohingya dan pemerintah Myanmar, serta masyarakat Buddha Rakhine, memuncak dalam kekerasan sejak awal abad ke-21. Puluhan ribu orang Rohingya telah mengalami pemindahan paksa dan melarikan diri ke negara-negara tetangga, terutama Bangladesh.

Krisis Pengungsi Rohingya:

Pada tahun 2017, kekerasan yang disebut sebagai "pembersihan etnis" oleh PBB meletus, mendorong lebih dari setengah juta orang Rohingya melarikan diri ke Bangladesh. Krisis ini menarik perhatian dunia internasional terhadap kondisi Rohingya dan hubungan antara Myanmar dan kelompok minoritas ini.

Krisis hak asasi manusia dan kemanusiaan yang dihadapi oleh Rohingya terus menjadi perhatian global, dan upaya diplomatik dan bantuan kemanusiaan terus berlanjut untuk menanggapi situasi tersebut.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai mengenal siapa etnis rohingya lengkap dengan fakta dari komunitas Muslim yang tinggal di wilayah Rakhine Myanmar! Semoga bisa menambah wawasanmu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU