Friday 20th of September 2024
×

Siap Pecah Jadi 3 Provinsi Baru! Isu Pemekaran Jawa Tengah Masih Terkendala Moratorium DOB

Siap Pecah Jadi 3 Provinsi Baru! Isu Pemekaran Jawa Tengah Masih Terkendala Moratorium DOB

--

OTONITY.com – Kabar tentang pemekaran wilayah di Jawa Tengah santer dibicarakan. Diketahui telah ada isu jika Provinsi di Pulau Jawa tersebut direncakan akan dipecah menjadi 3 provinsi baru. Benarkah?

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Semarang. Luas wilayahnya sendiri yaitu 32.800,69 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa.


Baca juga: Sinopsis dan Link Nonton Film Call Me Alma (2023) Sub Indo Full Movie, Kisah Kupu Kupu Malam yang Suka Pria Tajir Melintir

Baca juga: Nonton Drama Perfect Marriage Revenge (2023) Episode 5-6 Sub Indonesia, Rencana Baru Han Yi Joo pada Calon Tunangannya!

Baca juga: Drama Girl Love (GL) Thailand Underrated! Inilah Sinopsis Series Lucky My Love (2023), Near Inthira dan BMine Jiratchaya Jadi Couple

Isu pemekaran Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sendiri jadi topik panas hingga kini meskipun pemerintah masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB).

Melansir dari berbagai sumber, Provinsi Jawa Tenngah diusulkan menjadi 3 provinsi baru. Ketiga provinsi baru itu antara lain Provinsi Banyumasan, Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara, dan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.

Tak hanya itu, kabarnya pemekaran sembilan provinsi baru di Pulau Jawa, mulai dari Tangerang Raya hingga Blambangan juga telah direncanakan. Akan tetapi hingga artikel ini ditulis, tidak ada update terbaru dari pihak terkait.

Sumber:

UPDATE TERBARU