Friday 20th of September 2024
×

Rencana Pemekaran 3 Provinsi Baru di Jawa Tengah, Analis Akademisi: Memang Patut Untuk Dilakukan

Rencana Pemekaran 3 Provinsi Baru di Jawa Tengah, Analis Akademisi: Memang Patut Untuk Dilakukan

--

OTONITY.com – Pemekaran wilayah di Jawa Tengah telah menjadi salah satu topik wacana yang hingga kini masih dibahas. Sudah banyak kalangan yang mengomentari hal tersebut termasuk analis kebijakan publik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Dr. Slamet Royadi.

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Semarang. Luas wilayahnya sendiri yaitu 32.800,69 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa.


Baca juga: Siap Pecah Jadi 3 Provinsi Baru! Isu Pemekaran Jawa Tengah Masih Terkendala Moratorium DOB

Baca juga: Profil dan Biodata Erika Carlina, Aktris yang Lakoni Adegan Intim di Series Madame Rose Mulai Dari Agama Sampai Medsos

Baca juga: Bangkit dari Bullyan! Baca Manhwa How to Fight Full Chapter Bahasa Indonesia, Intip Sinopsis Lengkapnya Berikut Ini!

Isu pemekaran Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sendiri jadi topik panas hingga kini meskipun pemerintah masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB).

Melansir dari berbagai sumber, Provinsi Jawa Tenngah diusulkan menjadi 3 provinsi baru. Ketiga provinsi baru itu antara lain Provinsi Banyumasan, Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara, dan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.

Tak hanya itu, kabarnya pemekaran sembilan provinsi baru di Pulau Jawa, mulai dari Tangerang Raya hingga Blambangan juga telah direncanakan. Akan tetapi hingga artikel ini ditulis, tidak ada update terbaru dari pihak terkait.

Sumber:

UPDATE TERBARU