Thursday 19th of September 2024
×

Tambah Ramai! Rencana Pemekaran 5 Calon Kota-Kabupaten Baru Provinsi Jawa Tengah Demi Tingkatkan Kesejahteraan

Tambah Ramai! Rencana Pemekaran 5 Calon Kota-Kabupaten Baru Provinsi Jawa Tengah Demi Tingkatkan Kesejahteraan

--

OTONITY.com – Tak hanya isu bakal pecah jadi 3 provinsi, Jawa Tengah juga dikabarkan akan merencakan terbentuknya 5 calon kabupaten dan kota baru. Ada apa saja? Berikut ulasannya!

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Semarang. Luas wilayahnya sendiri yaitu 32.800,69 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa.


Baca juga: Siap Pecah Jadi 3 Provinsi Baru! Isu Pemekaran Jawa Tengah Masih Terkendala Moratorium DOB

Baca juga: Sinopsis Series Pay Later, Amanda Manopo Jadi Gen Z Tukang Utang yang Terpaksa Kerja Jadi Tukang Nagih Utang

Baca juga: Balas Dendam Pengkhianatan! Sinopsis Drama Korea Perfect Marriage Revenge (2023) Kisah Han Yi Joo yang Ingin Balas Dendam dengan Keluarganya

Isu pemekaran Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sendiri jadi topik panas hingga kini meskipun pemerintah masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB).

Melansir dari berbagai sumber, provinsi dengan jumlah penduduk yang cukup padat ini, disebut-sebut memiliki 5 calon kabupaten-kota baru. Daftarnya adalah sebagai berikut:

1. Kabupaten Majenang atau Cilacap Barat

Rencananya merupakan pemekaran dari kabupaten Cilacap. Ada 10 kecamatan yang rencananya akan masuk kabupaten ini. Yaitu, Kecamatan Dayeuluhur, Majenang, Wanareja, Cimanggu, Cipari, Karangpucung, Sidareja, Gandrungmangu, Kedungreja, Patimuan.

Sumber:

UPDATE TERBARU