Sunday 8th of September 2024
×

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix Untuk Rumah di Malang, Sesuai dengan Harga Bahan Bangunan!

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix Untuk Rumah di Malang, Sesuai dengan Harga Bahan Bangunan!

--

Cara Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix

1. Pengukuran Volume Area Pengecoran

Langkah pertama dalam menaksir kebutuhan ready mix adalah dengan menentukan volume. Secara sederhana, volume merujuk pada dimensi ruang dalam satuan meter kubik/m³.


Kalian bisa menghitung volume area yang akan dicor, seperti plat lantai beton atau dak cor beton, dengan menggunakan rumus sederhana: volume kebutuhan ready mix = panjang x lebar x tinggi dalam satuan meter kubik perencanaan pengecoran.

2. Penentuan Faktor Keamanan

Tahap kedua dalam menghitung kebutuhan beton ready mix adalah menetapkan faktor keamanan. Bagi pemula atau mereka yang sedang belajar, dapat menggunakan angka 2.5% sebagai faktor keamanan.

Setelahnya, faktor keamanan dapat dikalikan dengan volume area yang telah dihitung pada langkah pertama. Sebagai contoh, jika volumenya adalah 100, maka kalian dapat mengalikannya dengan 2.5% dari 100.

Baca juga: Segera Tayang! Link Nonton Donghua Throne of Seal Episode 83 Eng Indo Sub Gratis, Rencana Picik Sang Ahli Nujum

Baca juga: Rekomendasi Jenis Atap Spandek Untuk Tinggal di Semarang, Bahannya Adem Bikin Rumah Makin Nyaman!

Baca juga: Intip Profil Mayumi Yoshida, Ibunda Alwi Assegaf Keturunan Jepang Asli dan Mantan Artis Ternama

3. Pendugaan Daya Angkut Truk Mixer Beton Ready Mix

Penggunaan beton ready mix biasanya melibatkan truk mixer dari pabrik beton atau batching plant. Dalam perhitungan kasar, kalian dapat memperkirakan kapasitas angkut beton dalam satu truk mixer.

Misalnya, jika kalian membutuhkan 14 meter kubik beton ready mix, maka kalian mungkin perlu membeli 2 truk tronton ready mix dengan kapasitas 7 meter kubik.

Meskipun tiga langkah di atas dapat diuji coba secara mandiri, cara menghitung kebutuhan beton ready mix ini mungkin tidak sepenuhnya sesuai atau cukup akurat untuk diterapkan secara langsung dalam proyek konstruksi.

Akan lebih baik jika kalian mempertimbangkan untuk menggunakan layanan profesional dalam mengevaluasi kebutuhan beton ready mix.

Memahami prinsip dasar dalam mengestimasi kebutuhan beton ready mix dapat membantu kalian memahami lebih dalam tentang penggunaan material ini dalam proyek konstruksi. Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencobanya. 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU