Friday 20th of September 2024
×

Rumus dan Cara Menghitung Biaya Konstruksi Baja Per M2 Rumah 1 Lantai, Begini Estimasi Biayanya!

Rumus dan Cara Menghitung Biaya Konstruksi Baja Per M2 Rumah 1 Lantai, Begini Estimasi Biayanya!

--

Rumus dan Cara Menghitung Biaya Konstruksi Baja Per M2 Rumah 1 Lantai

Cara Menghitung Borongan Konstruksi Baja WF 

Baja WF atau Wide Flange adalah salah satu baja yang banyak digunakan para kontraktor untuk pembangunan besar. Hal ini dikarenakan baja jenis ini memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menahan tarikan maupun tekanan sebuah beban. Untuk menghitungnya, terdapat 3 komponen yang harus diperhatikan.


Pertama adalah biaya pabrikan baja. Di dalam komponen perhitungan tersebut termasuk biaya jasa pekerja bangunan, tukang baja, mandor yang dihitung per hari. Selain itu terdapat material seperti kawat las, pelumas atau solar, oksigen, dan dua biaya yang dihitung dari total keseluruhan yaitu alat kerja sebanyak 5% dan keuntungan sebanyak 3%.

Baca juga: Daftar Harga Kayu Untuk Bangunan di Ponorogo Terlengkap dan Terbaru 2023, Kualitas Top Banget

Baca juga: Daftar 6 Inspirasi Desain Rumah Kekinian Type 36 di Sidoarjo Cocok Buat Pasangan Muda di Daerah Perkotaan Lahan Sempit

Baca juga: Daftar 7 Drama Jepang Misteri yang Menengangkan Auto Dibikin Greget Sama Pelaku Sebenarnya

Kedua, kamu harus menghitung biaya pengecatan. Hal yang diperhitungkan meliputi pekerja bangunan, tukang cat, mandor, dan alat kerja berupa kuas atau rol. Ketiga, biaya erection.

Hal yang diperhitungkan pada biaya ini meliputi tukang bangunan, tukan erection, mandor, dan dua biaya yang dihitung dari total keseluruhan yaitu alat kerja sebesar 10% dan alat K3 beserta keuntungan sebanyak 3%.

Nantinya, seluruh 3 komponen di atas dapat dihitung total keseluruhannya dan dimasukkan ke dalam rumus perhitungan berikut ini:

WF = Material + Pengecatan + Erection

Jika dilihat dari karakter bahannya, bangunan yang terbuat dari material terbagi menjadi 3 bagian. Salah satu diantara mereka adalah borongan upah pekerja konstruksi WF.

Sumber:

UPDATE TERBARU