Sunday 8th of September 2024
×

Sedang Viral! Apa Itu Doweran PSHT? Simak Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

Sedang Viral! Apa Itu Doweran PSHT? Simak Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

--

OTONITY.com - Doweran adalah salah satu tradisi yang masih ada di lingkungan perguruan silat Pagar Nusa. Doweran adalah hukuman fisik yang dilakukan dengan cara memukul dan menendang murid junior oleh murid senior.

Pada dasarnya, doweran memiliki arti "mendidik" atau "melatih". Doweran dimaksudkan untuk mendidik murid junior agar menjadi lebih disiplin, tangguh, dan kuat.

Fungsi Doweran

Fungsi doweran di lingkungan perguruan silat Pagar Nusa adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kedisiplinan

Doweran dapat membantu meningkatkan kedisiplinan murid junior. Murid junior yang sering dihukum doweran akan menjadi lebih patuh dan taat terhadap perintah seniornya.

Baca juga: Siswa SMP Tewas Saat Latihan Silat Pagar Nusa di Karanganyar, Ketua Cabang Dukung Penuh Proses Hukum!

Baca juga: Jerome Polin Rekam Video Gunakan Kacamata Viral! Hasilnya Jernih Tanpa Goncangan Bikin Penasaran Warganet

Baca juga: Fakta tentang Doweran yang Disangkutkan dengan Tewasnya Siswa SMP Saat Latihan Pagar Nusa di Karanganyar, Cek Disini!

  • Membangun mental dan fisik yang kuat

Doweran juga dapat membantu membangun mental dan fisik yang kuat. Murid junior yang sering dihukum doweran akan menjadi lebih tahan terhadap rasa sakit dan lebih kuat dalam menghadapi tantangan.

  • Mengembangkan rasa persaudaraan

Doweran juga dapat membantu mengembangkan rasa persaudaraan antar murid. Murid junior yang sering dihukum doweran akan menjadi lebih dekat dengan seniornya dan lebih saling menghormati.

Sumber:

UPDATE TERBARU