Friday 20th of September 2024
×

Palopo Bakal Dihapuskan Karena Pemekaran Sulawesi Selatan? Bagaimana Nasib Kota Terbesar Ini Nantinya?

Palopo Bakal Dihapuskan Karena Pemekaran Sulawesi Selatan? Bagaimana Nasib Kota Terbesar Ini Nantinya?

--

OTONITY.com - Palopo Bakal Dihapuskan Karena Pemekaran Sulawesi Selatan? Bagaimana Nasib Kota Terbesar Ini Nantinya? Seperti yang kita tahu bahwa Sulawesi memiliki luas wilayah mencapai 180.681 kilometer persegi. Ini membuatnya masih memiliki potensi untuk lebih banyak perkembangan provinsi baru.

Pulau Sulawesi terpantau menunjukkan perubahan yang menarik dalam proses pemekarannya. Kini Provinsi Sulawesi Selatan, yang terletak di pulau Sulawesi, memiliki total 21 kabupaten dan 3 kota yang membentang di wilayahnya.


Kota Palopo baru-baru ini diperkirakan akan mengalami pemisahan dan bergabung dengan provinsi baru. Yang mana dari tiga kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar adalah ibu kotanya dan memiliki peran penting dalam pemerintahan dan perkembangan daerah Sulsel secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Kabupaten Ini Akan Alami Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Masyarakat Sudah Respon Positif!

Baca juga: Usulkan Pemekaran Wilayah, Mega Proyek Calon Ibukota Lampung Kini Mangkrak! Bagaimana Nasib Selanjutnya?

Baca juga: Rencanakan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika, Inilah Daftar Wilayah yang Akan Alami Pemekaran!

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki luas wilayah yang mencapai 45.330,550 kilometer persegi. Dalam laporan Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka 2023, terungkap bahwa Kota Parepare merupakan daerah terkecil di provinsi ini, dengan luas wilayah hanya sekitar 89,670 kilometer persegi.

Di sisi lain Kabupaten Luwu Timur merupakan daerah terluas di Sulawesi Selatan, dengan luas wilayah mencapai 6.745,921 kilometer persegi. Lalu Kota Palopo memiliki luas wilayah sebesar 273,235 kilometer persegi.

Kini informasi yang beredar menyebutkan bahwa Kota Palopo akan melepaskan diri dari Provinsi Sulawesi Selatan dan bergabung dengan provinsi baru yang disebut Provinsi Luwu Raya.

Apakah benar rencana ini akan dilakukan? Cek Faktanya di sini! 

Sumber:

UPDATE TERBARU