Friday 20th of September 2024
×

BATAL! Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur Gagal Direalisasikan, Ternyata Begini Alasannya yang Bikin Syok

BATAL! Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur Gagal Direalisasikan, Ternyata Begini Alasannya yang Bikin Syok

--

OTONITY.com - Pemekaran wilayah sendiri penting untuk kemajuan sebuah bangsa dan negara dalam rangka meningkatkan otonomi daerah. Baru-baru ini Provinsi Sulawesi Timur dikabarkan gagal mekar. Begini selengkapnya. 

Rencana pembentukan Provinsi Sulawesi Timur awalnya mencakup enam kabupaten: Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, serta Tojo Una Una (Touna), Morowali, dan Morowali Utara.


Yang mana ini merupakan pemerkaran dari Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah memiliki luas wilayah yang mencapai 61.841 kilometer persegi dan saat ini terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota, dengan Kota Palu sebagai ibukota provinsi.

Baca juga: Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Surakarta (DIS) Berdiri Sendiri, Ini Daftar Kota-Kabupaten yang Siap Gabung

Baca juga: Tambah Ramai! Rencana Pemekaran 5 Calon Kota-Kabupaten Baru Provinsi Jawa Tengah Demi Tingkatkan Kesejahteraan

Baca juga: Rencana Pemekaran 3 Provinsi Baru di Jawa Tengah, Analis Akademisi: Memang Patut Untuk Dilakukan

Tetapi sayangnya belum sampai terwujud, kabar terbaru menyatakan bahwa Morowali dan Morowali Utara memutuskan untuk tidak bergabung dengan Provinsi Sulawesi Timur, dengan alasan bahwa Sulawesi Tengah akan kesulitan melepaskan kedua kabupaten tersebut karena ketergantungan PAD.

Jadi sampai saat ini, hanya empat kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Timur.  Sementara itu, Kabupaten Banggai dari Provinsi Sulawesi Tengah memiliki rencana pemekaran yang ambisius untuk memisahkan diri menjadi empat kabupaten dan kota daerah otonomi baru (DOB).

Untuk informasi selengkapanya mengenai topik kali ini langsung saja simak slide selanjutnya!>>>

Sumber:

UPDATE TERBARU