Thursday 19th of September 2024
×

Sat Set! Intip Isi 5 Poin Deklarasi Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Bupati dan DPRD Dorong Agenda Langsung ke DPR RI

Sat Set! Intip Isi 5 Poin Deklarasi Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Bupati dan DPRD Dorong Agenda Langsung ke DPR RI

--

OTONITY.com - Pemekaran wilayah Papua dinilai jadi solusi pemerataan! Kali ini Pemerintah Kabupaten Mimika bersama anggota DPRD dan masyarakat adat mendeklarasikan pembentukan provinsi sendiri. Nama provinsinya, Papaua Nemangkawi.

Yang mana deklarasi dan kesepakatan ini ditandatangani Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, 20 anggota DPRD Mimika, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda di Hotel Yello Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023). 


Rencana pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi ini telah diserahkan Eltinus Omaleng kepada Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Valentinus Sudarjanto Sumito.

Baca juga: BATAL! Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur Gagal Direalisasikan, Ternyata Begini Alasannya yang Bikin Syok

Baca juga: Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Surakarta (DIS) Berdiri Sendiri, Ini Daftar Kota-Kabupaten yang Siap Gabung

Baca juga: Tambah Ramai! Rencana Pemekaran 5 Calon Kota-Kabupaten Baru Provinsi Jawa Tengah Demi Tingkatkan Kesejahteraan

Sosok Eltinus mengatakan Papua diberi kesempatan untuk melakukan pemekaran sehingga ini menjadi peluang bagi Mimika membentuk provinsi sendiri. Terlebih Mimika memiliki sumber daya besar sehingga layak membentuk provinsi sendiri demi kesejahteraan masyarakat Mimika dalam hal ini Amungme dan Kamoro. 

“Amungme dan Kamoro tidak pernah bergabung dengan siapapun, kita harus berdiri sendiri. Kita harus miliki provinsi dan kabupaten sendiri. Kita tentukan nasib sendiri,” tegasnya. 

Selain dari sisi pemerintahan, Bupati dan DPRD juga sepakat untuk membentuk tim yang akan berjuang mendorong agenda ini ke DPR RI atau lewat jalur politik. 

Sumber:

UPDATE TERBARU