Friday 20th of September 2024
×

Bakal Jadi Daerah Padat Penduduk! Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Agam Tuo Sumbar Terus Disuarakan

Bakal Jadi Daerah Padat Penduduk! Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Agam Tuo Sumbar Terus Disuarakan

--

Jumlah tersebut hanya sekitar seperlima dari total wilayah Kabupaten Agam saat ini, yakni 2.265 kilometer persegi. Luas Wilayah Kabupaten Agam Tuo juga akan menjadi kabupaten terkecil di Sumbar.

Baca juga: Profil Biodata Detri Anggarita 'Uni Imaih', Selebgram Viral dari Minang! Mulai Umur, Instagram Hingga Pendidikan


Baca juga: Kota Jambi Tidak Termasuk, Siapa Sangka 3 Daerah ini Merupakan yang Terkaya di Provinsi Jambi dari Data BPS Terupdate

Baca juga: Pesan Moral Dari Cerita Legenda Batu Menangis di Kalimantan Barat, Gadis Cantik Durhaka yang Dikutuk Jadi Batu

Berbanding terbalik dengan luas wilayahnya, Kabupaten Agam Tuo akan memiliki jumlah penduduk sebanyak 290.448 jiwa. Jumlah ini bahkan mencapai 55 persen dari total penduduk Kabupaten Agam saat ini yang lebih dari 525 ribu jiwa.

Dalam rencana pemekaran ini, sembilan kecamatan di Kabupaten Agam dipilih untuk bergabung dengan Kabupaten Agam Tuo. Mereka adalah Kecamatan Kota Malalak, Matua, Tilatang Kamang, Banuhampu, Sungai Pua IV, Ampek Angkek, Baso, Canduang, dan Kamang Magek.

Untuk menopang kegiatan ekonomi dan pendidikan di wilayah baru ini, rencananya telah diputuskan bahwa Nagari Koto Tangah di Kecamatan Tilatang Kamang akan menjadi ibukota Kabupaten Agam Tuo.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan update berita terbaru melalui Otonity.com!

Sumber:

UPDATE TERBARU