Friday 20th of September 2024
×

Bakal Jadi Daerah Padat Penduduk! Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Agam Tuo Sumbar Terus Disuarakan

Bakal Jadi Daerah Padat Penduduk! Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Agam Tuo Sumbar Terus Disuarakan

--

OTONITY.com – Agam merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Penamaan kabupaten ini dengan nama kabupaten Agam, didasari oleh Tambo, di mana sebelumnya beberapa nagari yang berada dalam kawasan kabupaten ini sekarang, dahulunya dikenal juga dengan nama Luhak Agam.

Kabupaten Agam, yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, memiliki karakteristik wilayah yang unik, terbagi menjadi dua bagian utama: wilayah pesisir dan wilayah dataran tinggi.


Baca juga: Terlalu Padat! Pemekaran Kelurahan Loa Ipuh Siap 80% Bakal Dibagi Jadi 3 Wilayah Otonomi

Baca juga: Rekomendasi Anime Romance 18+ Terbaik Sepanjang Masa, Penuh Adegan Full Service yang Bikin Melek!

Baca juga: Tanpa Sensor! Link Nonton Film Tayuan (2023) Sub Indo Full Movie HD Gratis, Bukan di LK21 Atau REBAHIN

Kini, ibukota Kabupaten Agam berada di Kecamatan Lubuk Basung di wilayah pesisir, sedangkan wilayah dataran tinggi atau wilayah timur Kabupaten Agam mengelilingi Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat.

Dari kabar terbarunya, pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat sedang mempertimbangkan sebuah usulan menarik untuk memekarkan wilayahnya. Meskipun Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium daerah otonomi baru (DOB), namun usulan ini dinilai sangat layak untuk direalisasikan.

Pemekaran Kabupaten Agam Tuo

Rencananya, Kabupaten Agam akan memekarkan diri menjadi sebuah kabupaten baru yang diberi nama "Kabupaten Agam Tuo." Wilayahnya diproyeksikan hanya mencakup luas 648 kilometer persegi, sekitar 20 persen dari luas wilayah Kabupaten Agam yang mencapai 2.265 kilometer persegi.

Sumber:

UPDATE TERBARU