Tuesday 17th of September 2024
×

Sejarah Asal-usul Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang Merupakan Peninggalan Zaman Kolonialisme Belanda di Indonesia

Sejarah Asal-usul Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang Merupakan Peninggalan Zaman Kolonialisme Belanda di Indonesia

--

Asal-usul Nama Kabupaten Batu Bara

Konon penamaan Kabupaten Batu Bara tidak lepas dari sejarah penambangan batu bara di wilayah tersebut. Yang mana batu bara adalah salah satu sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Batu Bara. Penambangan batu bara di Kabupaten Batu Bara dimulai sejak zaman Belanda. Jadi kegiatan tersebut terus dilanjutkan oleh Jepang dan masih berlanjut hingga sekarang.

Nama Batu Bara sendiri berasal dari kata “batu” yang berarti batu dan “bara” yang berarti api. Kata ini menggambarkan sifat batu bara yang mudah terbakar dan menghasilkan panas.

Batu Bara juga memiliki makna filosofis bagi masyarakat setempat. Batu melambangkan kekuatan, keteguhan, dan ketahanan, sedangkan bara melambangkan semangat, keberanian, dan kehangatan.

Pembentukan Kabupaten Batu Bara dimulai dengan keinginan masyarakat di wilayah bekas Kewedanan Batu Bara untuk membentuk sebuah kabupaten otonom baru. Upaya ini telah dimulai sejak tahun 1957, namun mengalami kendala ketika terjadi dinamika politik nasional hingga akhir tahun 1969.


Singkat cerita pada tahun 2006, DPR menyetujui Rancangan Undang-Undang pembentukan Kabupaten Batu Bara dan dinyatakan sah menjadi sebuah kabupaten melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Batu Bara di Provinsi Sumatera Utara dan Lampiran Negara Nomor 7 Tahun 2007.

Baca juga: Berlatar Tahun 1985! Sinopsis Film Turki Oregon (2023) Kisah Hakan dan Gaye Bersama dengan Kaset Musik Kebanggaan

Baca juga: Potret Louis Scott Pemeran Constantine Phaulkon di Seial ANTV, Tubuh Kekar dan Tampan Idaman Para Wanita!

Baca juga: Terlalu Padat! Pemekaran Kelurahan Loa Ipuh Siap 80% Bakal Dibagi Jadi 3 Wilayah Otonomi

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri telah dicatatkan jika Kabupaten Batu Bata dibentuk pada 2 Januari 2007 atas dasar hukum UU Nomor 5 Tahun 2007, dengan ibu kota Lima Puluh. Tanggal tersebut kemudian dijadikan Hari Lahir Kabupaten Batu Bara.

Jadi itulah informasi mengenai berita terbaru yang dapat kami sampaikan melalui unggahan otonity.com hari ini mengenai asal-usul Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara. Buat kamu jangan lupa untuk terus mengikuti kami supaya tak ketinggalan informasi menarik lainnya ya guys!

Sumber:

UPDATE TERBARU