Thursday 19th of September 2024
×

Rencana Pemekaran Wilayah Sumatera Barat, 3 Kabupaten Ini Lepaskan Diri dan Siap Masuk Provinsi Baru

Rencana Pemekaran Wilayah Sumatera Barat, 3 Kabupaten Ini Lepaskan Diri dan Siap Masuk Provinsi Baru

--

OTONITY.com – Rencana pemekaran provinsi baru di Indonesia saat ini sudah mendapatkan kajian. Beberapa daerah bahkan telah mengusulkan daftar nama calon provinsi baru, termasuk Provinsi Sumatera Barat.

Sumatera Barat merupakansebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.


Baca juga: Bertajuk Rindu Rasulullah, Pameran Artefak Nabi Muhammad SAW Digelar di Pontianak! Hadirkan 35 Jenis Peninggalan

Baca juga: Masih Ingat Herby Latupeirissa? Aktor Misteri Gunung Merapi yang Sekarang Dalam Kondisi Memprihatinkan, Afdhal Yusman Turut Sedih

Baca juga: Legenda Kabupaten Batu Bara Sumut, Apakah Benar Karena Ada Banyak Tambang Batu Bara? Begini Faktanya yang Mengejutkan

Dari kabar yang beredar 3 provinsi yaitu Sumatera Barat, Riau, dan Jambi akan dimekarkan menjadi provinsi baru Sumatera Tengah. Jika melihat dari sisi Sumbar, terdapat 3 kabupaten yang diisukan akan melepaskan diri untuk membentuk provinsi baru ini.

Kabupaten yang dimaksud yaitu Kabupaten Dharmasraya, Sijunjung, dan Kabupaten Solok Selatan. Ketiga kabupaten tersebut ternyata memiliki sejarah unik masing-masing.

- Tentang Kabupaten Dharmasraya

Dimulai dari Kabupaten Dharmasraya yang ternyata merupakan kabupaten hasil pemekaran tahun 2004 lalu. Kabupaten Dharmasraya diresmikan sejak tanggal 7 Januari 2004 yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.

Sumber:

UPDATE TERBARU