Friday 20th of September 2024
×

Rencana Pemekaran Wilayah Sumatera Barat, 3 Kabupaten Ini Lepaskan Diri dan Siap Masuk Provinsi Baru

Rencana Pemekaran Wilayah Sumatera Barat, 3 Kabupaten Ini Lepaskan Diri dan Siap Masuk Provinsi Baru

--

Menariknya, letak geografis Kabupaten Dharmasraya juga berbatasan langsung dengan 2 provinsi lainnya yaitu Provinsi Jambi dan Provinsi Riau.

Baca juga: Sejarah Asal-usul Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang Merupakan Peninggalan Zaman Kolonialisme Belanda di Indonesia


Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah Sumbar: Potensi Wisata Kabupaten Agam Tuo Pantas Untuk Dibanggakan

Baca juga: Daftar Anime Romance Seinen & Josei Untuk Penonton Usia 18+ yang Worth It Ditonton , Gak Melulu Ada Adegan Ranjang!

Di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Dharmasraya berbatasan langsung dengan Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, Kabupaten Solok, dan Solok Selatan. Sementara untuk wilayah Provinsi Riau, Kabupaten Dharmasraya berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuantan Singingi.

Di bagian selatan dan timur, Kabupaten Dharmasraya berbatasan dengan Kabupaten Bungo, Kabupaten Kerinci, dan Kabupaten Tebo yang masuk wilayah Provinsi Jambi.

- Tentang Kabupaten Sijunjung

Sebelum dimekarkan, Kabupaten Sijunjung merupakan kabupaten terluas ketiga di Sumatera Barat. Kabupaten ini terletak di daerah persimpangan jalur utama yang menghubungkan dengan Provinsi Riau dan Provinsi Jambi serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.

- Tentang Kabupaten Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan sendiri dimekarkan dari Kabupaten Solok melalui Undang-Undang no 38 tahun 2003. Memiliki luas wilayah 3.346,20 km persegi, Kabupaten Solok Selatan dihuni oleh sekitar 182.936 jiwa pada tahun 2020.

Sumber:

UPDATE TERBARU