Friday 20th of September 2024
×

5 Calon Kabupaten Baru Isu Pemekaran Wilayah Sumbar, Kondisi Sumber Daya Mendukung Untuk Berdiri Sendiri

5 Calon Kabupaten Baru Isu Pemekaran Wilayah Sumbar, Kondisi Sumber Daya Mendukung Untuk Berdiri Sendiri

--

OTONITY.com – Pemekaran wilayah di Indonesia menjadi topik perbincangan panas. Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai calon kabupaten baru di Provinsi Sumatera Barat. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Rencana pemekaran provinsi baru di Indonesia saat ini sudah mendapatkan kajian. Beberapa daerah bahkan telah mengusulkan daftar nama calon provinsi baru, termasuk Provinsi Sumatera Barat.


Baca juga: Menunggu Disahkan! Rencana Pemekaran 2 Provinsi Baru di Sumbar Masih Terus Ajukan Permohonan

Baca juga: Gelar Pameran Artefak Nabi Muhammad SAW di Pontianak, Pengurus Ponpes: Sebagai Bentuk Rasa Syukur!

Baca juga: Legenda Kabupaten Batu Bara Sumut, Apakah Benar Karena Ada Banyak Tambang Batu Bara? Begini Faktanya yang Mengejutkan

Sumatera Barat merupakansebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Walaupun Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah memekarkan tiga kabupaten baru pada 2004 silam, namun saat ini masih ada wacana pemekaran kabupaten baru di wilayah Sumbar.

Calon kabupaten-kabupaten baru tersebut umumnya mempunyai wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak, karena itu pemerintah dan masyarakat setempat menginginkan adanya pemekaran di daerahnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU