Friday 20th of September 2024
×

5 Calon Kabupaten Baru Isu Pemekaran Wilayah Sumbar, Kondisi Sumber Daya Mendukung Untuk Berdiri Sendiri

5 Calon Kabupaten Baru Isu Pemekaran Wilayah Sumbar, Kondisi Sumber Daya Mendukung Untuk Berdiri Sendiri

--

Daftar Kabupaten Baru Provinsi Sumatera Barat

Melansir dari berbagai sumber, berikut usulan calon kabupaten baru di Provinsi Sumbar:

Baca juga: Legenda Kabupaten Batu Bara Sumut, Apakah Benar Karena Ada Banyak Tambang Batu Bara? Begini Faktanya yang Mengejutkan


Baca juga: Profil dan Biodata Louis Scott, Pemeran Sinetron Takdir Cinta ANTV Asal Thailand! Mulai Umur, Agama, Hingga Instagram

Baca juga: Terlalu Padat! Pemekaran Kelurahan Loa Ipuh Siap 80% Bakal Dibagi Jadi 3 Wilayah Otonomi

1. Kabupaten Agam Tuo

Diketahui, Kabupaten Agam yang dahulunya beribukota di Bukittinggi. Saat ini banyak masyarakat di daerah Agam yang menginginkan pemekaran di wilayahnya. Salah satu alasan utama pemekaran yaitu letak geografis Kabupaten Agam yang saat ini terbagi dalam dua wilayah, pesisir dan dataran tinggi.

2. Kabupaten Pasaman Utara

Ada sejumlah alasan utama pemekaran Kabupaten Pasaman Utara. Pemekaran kabupaten ini dinilai sudah mendesak dikarenakan wilayah yang cukup luas dan jumlah penduduk yang sudah mencukupi untuk menjadi satu kabupaten baru.

3. Kabupaten Renah Indojati

Diketahui, dari segi luas, wilayah Kabupaten Pessel memang sudah pantas untuk dimekarkan. Luas wilayah kabupaten ini mencapai 5.749,89 km² atau sekitar 4 kali lebih luas dari Kabupaten Padang Pariaman.

Karena itu tokoh pemekaran dan masyarakat di wilayah bagian paling Selatan kabupaten berjuluk ‘Negeri Sejuta Pesona’ ini menginginkan adanya pemekaran di daerahnya. Rencananya calon Kabupaten ini akan bernama Kabupaten Renah Indojati.

Sumber:

UPDATE TERBARU