Sunday 6th of October 2024
×

Bakal Dimekarkan Jadi Provinsi Pulau Sumbawa 76.64% Luas Wilayah Provinsi NTB Hilang Demi Pemekaran

Bakal Dimekarkan Jadi Provinsi Pulau Sumbawa 76.64% Luas Wilayah Provinsi NTB Hilang Demi Pemekaran

--

Daftar Wilayah Provinsi Sumbawa

Calon provinsi baru Provinsi Pulau Sumbawa ini akan memiliki wilayah Pulau Sumbawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Lalu 63 dari 117 kecamatan di Provinsi NTB bakal bergabung Provinsi Pulau Sumbawa. Serta 543 dari 1.143 kelurahan dan desa di Provinsi NTB.

Luas wilayah Provinsi Pulau Sumbawa nanti diperkirakan sebanyak 15.424 kilometer persegi. Atau 76.64 persen dari luas wilayah Provinsi NTB 20.124 kilometer persegi.


Kedepannya, Kabupaten Sumbawa yang memiliki luas wilayah 6.643 kilometer persegi bisa saja melakukan pemekaran daerah dengan membentuk Kabupaten Sumbawa Tengah dan Kabupaten Sumbawa Timur.

Serta calon ibukota Provinsi Pulau Sumbawa yakni Kecamatan Sumbawa Besar atau Sumbawa Rae Kabupaten Sumbawa bisa juga jadi Kota otonom. Selanjutnya, Kabupaten Bima yang memiliki luas wilayah 4.389 kilometer persegi juga bisa melakukan pemekaran wilayah dengan membentuk Kabupaten Bima Timur ke depannya.

Baca juga: Gelar Pameran Artefak Nabi Muhammad SAW di Pontianak, Pengurus Ponpes: Sebagai Bentuk Rasa Syukur!

Baca juga: Profil dan Biodata Herby Latupeirissa, Aktor Kolosal Misteri Gunung Merapi yang Kini Terbaring Lemas di Rumah Akibat Stroke

Baca juga: Sejarah Asal-usul Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang Merupakan Peninggalan Zaman Kolonialisme Belanda di Indonesia

Setelah Provinsi Pulau Sumbawa memisahkan diri, maka provinsi induk Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTV menyisakan Pulau Lombok dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Yakni menyisakan 1 kota dan 4 kabupaten, terdiri dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Utara.

Terpisah, Sekretaris Komite Pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa atau KP3S Mataram Salim HS menjelaskan, perlu ditempuh berbagai jalur untuk mempercepat proses pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa tersebut.

Hal itu dilakukan sesuai dengan kesepakatan seluruh kepala daerah dan ketua DPRD se-Pulau Sumbawa. Sambil menunggu rekomendasi Gubernur Nusa Tenggara Barat, dirasa perlu menggunakan jalur politik berupa pengajuan hak inisitif anggota DPR-RI.

Tempat Wisata di Sumbawa yang Paling Hits

1. Gunung Tambora
Lokasi : Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, NTB

2. Wisata Pulau Bungin

3. Wisata Air Terjun Agal
Lokasi : Desa Marenteh, Kec. Alas, Kab. Sumbawa, NTB

4. Wisata Gili Bedil
Lokasi : Labuan Bajo Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB

5. Wisata Goa Liang Petang
Lokasi : Batutering, Kecamatan Moyohulu, Kabupaten Sumbawa, NTB

6. Wisata Pantai Tropical Sumbawa
Lokasi : Jalan Btu hijau Townsite, Sekongkang Bawah, kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa, NTB

7. Wisata Pantai Maluk Sumbawa Barat
Lokasi : Desa maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa, NTB

8. Wisata Masjid Agung Darussalam
Lokasi : Kuang, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB

9. Wisata Pulau Paserang
Lokasi : Poto Tono, kecamatan Poto Tono, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB

10. Wisata Pulau Kenawa
Lokasi : Poto Tono, Kecamatan Poto Tono, Kabupaten Sumbawa, NTB

Provinsi Pulau Sumbawa ini sendiri dicanangkan akan jadi wilayah administratif. Bagaimana menurut kamu? Terimakasih sudah membaca, ya! Semoga bisa bermanfaat! 

Sumber:

UPDATE TERBARU